JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono merilis indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) 1443H/2022M, yaitu sebesar 90,45 atau sangat memuaskan.Margo saat konferensi pers virtual pada Senin (19/12/222) menjelaskan angka itu mengalami kenaikan sebesar 4,54 poin apabila dibandingkan dengan indeks 2019 yang sebesar 85,91.
“Jemaah haji Indonesia telah menerima semua pelayanan yang diberikan pemerintah Indonesia secara sangat memuaskan. Nilai indeks 2022 ini terbaik setelah 11 tahun pelaksanaan survei kepuasan jemaah haji Indonesia dilakukan sejak 2010,” kata Margo.Indeks pelayanan di Non-Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) lebih tinggi dari pelayanan di Armuzna. Indeks tertinggi untuk layanan di Non-Armuzna adalah pelayanan transportasi bus antarkota (91,93).
Sementara itu, pelayanan transportasi bus Armuzna (91,52) merupakan pelayanan dengan indeks tertinggi di Armuzna. Indeks terendah untuk layanan di Non-Armuzna adalah pelayanan hotel (89,35).Sementara itu, pelayanan tenda (87,91) merupakan pelayanan dengan indeks terendah di Armuzna.Berdasarkan jenis kelamin jemaah haji, didominasi jemaah haji laki-laki yaitu sebesar 58 persen dan sisanya 42 persen jemaah haji perempuan. Kemudian, kata Margo untuk jemaah haji usia 40-60 tahun sebanyak 75 persen.“Adanya pembatasan dari pemerintah Arab Saudi, maka tidak ada Jemaah Haji berusia lebih dari 65 tahun karena pada 2022 ada persyaratan tidak diperbolehkan jemaah haji usia lebih 65 tahun,” kata Margo. (aci)