Gangguan Pernafasan, Sudah Empat Hari Mantan Menko Kesra Azwar Anas Dirawat

×

Gangguan Pernafasan, Sudah Empat Hari Mantan Menko Kesra Azwar Anas Dirawat

Bagikan berita
Foto Gangguan Pernafasan, Sudah Empat Hari Mantan Menko Kesra Azwar Anas Dirawat
Foto Gangguan Pernafasan, Sudah Empat Hari Mantan Menko Kesra Azwar Anas Dirawat

PADANG - Ada gangguan pernafasan, Mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Presiden Soeharto Azwar Anas dirawat di rumah sakit, Selasa (3/1/2023). Putra terbaik Sumatera Barat tersebut sudah empat hari dirawat di RSPAD Gatot Subroto."Mohon doa untuk kesembuhan Orang tua kita Bapak Letjen TNI Purn, Ir. H. Azwar Anas (usia menjelang 91 tahun ) yang sejak kemarin pagi, (Jum'at 30 Desember 2022) dirawat di RSPAD Gatot Subroto kamar 201 lantai Dua di ruangan CICU. Disebabkan CO2 tinggi di dalam darah,"sebut anaknya Rony Azwar Anas melalui pesan singkat, Selasa (3/1/2023).

Ketua KONI Sumbar tersebut mengatakan, kondisi mantan orang nomor satu di Sumbar tersebut mulai membaik. Sekarang ini memulihkan metabolisme tubuh."Alhamdulillah setiap hari ada kemajuan. Walaupun perlahan Bapak masih dibantu ventilator, tapi tiap hari sudah mulai berlatih bernafas sendiri,"ulasnya.

Dikatakannya, penyebab gangguan pernafasan tersebut ada cairan yg tidak bisa dikeluarkan. Sehingga mengganggu area kerongkongan dan paru."Alhamdulillah infeksi minor sehingga tidak ada demam tinggi. Diharapkan ketergantungan kepada alat bisa dihentikan,"harapnya.

Rony juga mengharapkan do'a dan dukungan dari warga Sumatera Barat agar kondisi orang tuanya yang juga mantan Menteri Perhubungan tersebut segera membaik.Hingga Selasa (3/2) sore sejumlah kerabat sudah mengunjungi. Diantaranya, Syahrul Ujud, Kivlan Zein, Muzani Syukur, Kasad Dudung dan beberap tokoh masyarakat lainnya. Selain itu juga ada Harun Zain, Datuak Fauzi Bahar.

"Kami berterimakasih pada semua kerabat. Seperti pak Syahrul Ujud membantu dan hampir tiap hari datang, kalau tidak swmpat beliau menelfon nanya kondisi. Mereka datang menjenguk walaupun mereka hanya bisa melihat dari kaca saja,"ujarnya.Azwar Anas adalah salah satu putra terbaik Sumatera Barat. Dengan karir dari militer akhirnya menjabat sejumlah jabatan penting di negeri ini. Jabatan itu diantaranya, diantaranya Direktur Utama PT Semen Padang.

Kemudian melanjutkan karir di pemerintahan, menjabat Gubernur Sumbar dua periode. Setelah itu diangkat menjadi Menteri Perhubungan dan Menteri Kesejahteraan Rakyat.Dalam rentang itu, Azwar Anas juga sempat menjabat Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hingga 1999.

Azwar Anas Azwar Anas lahir pada 2 Agustus 1931 di Padang. Ia adalah anak ketiga dari pasangan Anas Malik Sutan Masabumi (ayah) dan Rakena Anas (ibu), yang memiliki sepuluh orang anak.Ayahnya yang masih memiki garis keturunan dengan Raja Pagaruyung terakhir, yakni Sutan Bagagarsyah, bekerja sebagai kepala perbengkelan kereta api di Simpang Haru, Padang, sementara ibunya yang hanya tamatan SD berasal dari Koto Sani, Solok.

Sebelum menikah dengan ibunya, ayahnya telah memperoleh seorang anak dari istri pertama yang kemudian diceraikannya, tetapi kehidupan mereka tetap ditanggung oleh ayahnya meskipun telah bercerai. Ayahnya adalah putera dari Malik anak dari Soetan Oesman gelar Soetan Lerang seorang pengusaha terkenal pada masanya.(yose)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini