UTBK SNBT di Unand Mei Mendatang Diikuti 10 Ribu Peserta

×

UTBK SNBT di Unand Mei Mendatang Diikuti 10 Ribu Peserta

Bagikan berita
Foto UTBK SNBT di Unand Mei Mendatang Diikuti 10 Ribu Peserta
Foto UTBK SNBT di Unand Mei Mendatang Diikuti 10 Ribu Peserta

PADANG - Jumlah calon mahasiswa atau peserta Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 yang akan mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) di Universitas Andalas (Unand) pada Mei mendatang berjumlah 10.483 orang.Rektor Unand, Prof. Yuliandri mengatakan, SNBT ini merupakan jalur kedua penerimaan mahasiswa baru, setelah digelarnya Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Untuk jalur SNBT dengan pelaksanaan UTBK tersebut, Yuliandri mengatakan bahwa Unand menyediakan kuota 40 persen."Per prodi pasti beda-beda persentasenya," kata rektor saat menggelar konferensi pers terkait persiapan SNBT UTBK 2023 Unand, Selasa (18/4) di gedung rektorat kampus tersebut.

Dia mengatakan, kuota yang tersisa dari jalur SNBP dan SNBT nantinya akan ditambahkan untuk jalur Mandiri, dan pihaknya mematok angka maksimum 50 persen dari total kuota yang tersedia untuk jalur tersebut."Di SNBT ini calon mahasiswa juga bebas memilih prodi. Tentu kita juga minta, merdeka harus dengan bertanggung jawab, yakin, setelah masuk, dia mampu," kata Yuliandri.

Di SNBT ini, kata rektor, materi tes berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kini ada ujian potensi skolastik, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris, dengan alokasi waktu 195 menit.Sementara itu, Wakil Rektor I Unand, Prof Mansyurdin menambahkan, untuk pelaksanaan UTBK di Unand hanya dilaksanakan dalam satu gelombang, dari dua gelombang yang ditetapkan panitia penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

"Unand hanya satu gelombang untuk pelaksanaan UTBK SNBT. Dimulai dari 8 Mei hingga 12 Mei," kata Mansyurdin.Hal ini katanya karena jumlah peserta UTBK yang berjumlah 10.483 orang diprediksi bisa kelar dalam waktu lima hari tersebut.

Kemudian untuk persiapan UTBK, dia menyebutkan kalau Unand sudah menyiapkan 1.255 unit PC, 125 PC cadangan dan jaringan internal menggunakan fiber optik di 17 lokasi ujian. (Wahyu)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini