Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2023, Begini Kata Prof. Diana Kartika

×

Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2023, Begini Kata Prof. Diana Kartika

Bagikan berita
Foto Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2023, Begini Kata Prof. Diana Kartika
Foto Pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2023, Begini Kata Prof. Diana Kartika

PADANG, SINGGALANG - Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Dra. Diana Kartika dipercaya menjadi salah satu dewan juri Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2023.Iven ke 16 yang digelar Balai Bahasa Sumbar itu digelar di Hotel The ZHM Premiere Kota Padang pada 3 Juni 2023.

Diana Kartika menyampaikan dalam pemilihan duta Bahasa ini telah dilakukan serangkaian aktivitas sebelum malam puncak atau grand final.Mulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, penampilan minat dan bakat, presentasi rancangan krida dan penguasaan Bahasa hingga ada pembekalannya.

“Bagi yang masuk 20 finalis akan di karantina sebelum acara puncak dan dipilih sepasang yang akan menjadi perwakilan Provinsi Sumatra Barat untuk melaju ditahap nasional," katanya.Saat malam puncak, finalis akan diberi sejumlah pertanyaan oleh dewan juri sesuai dengan bidang masing-masing mengenai kebahasaan, kelembagaan literasi, dan pengetahuan umum.

Dosen Sastra Jepang ini mengungkapkan peserta pemilihan duta Bahasa ini dari berbagai kalangan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.Peserta ini tidak hanya dari keilmuan bahasa saja ada juga dari latar belakang pendidikan psikologi dan hukum.

“Ajang ini sangat bergensi di kalangan generasi muda dandapat menjadi media untuk edukasi dalam menjaga dan melestarikan penggunaan bahasa bagi generasi muda," ungkapnya."Tidak dipungkiri lagi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi akan berdampak pada penguasaan bahasa seseorang,” tambahnya Diana Kartika.

Ketika ada seseorang yang menyukai kebudayaan dari negara tertentu, maka dia akan mencoba untuk memahami dan belajar bahasanya. Bahkan ada juga yang bisa mahir menggunakan berbagai macam Bahasa asing.“Kemampuan berbahasa menjadi penting di era sekarang, Untuk itu, seperti kampanye yang selalu digencarkan oleh para Duta Bahasa ini, salam Trigatra Bangun Bahasa yaitu utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan Bahasa Daerah, kuasai Bahasa Asing,” tutupnya.

Bersama Prof. Diana Kartika dewan juri lainnya adalah Kepala Balai Bahasa Sumbar Dr. Eva Krisna, Alumni Dubas dr. Revan Aliantino, Praktisi Pendidikan yang juga sekretaris Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Riko Fernanda, M.Pd., dan Kasubag Umum Balai Bahasa Sumbar Wahyudi, M.Hum.,(*/mat)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini