Diresmikan, Gedung Baru Toko Mas Murni di Jalan Ratulangi Pasar Raya Padang

×

Diresmikan, Gedung Baru Toko Mas Murni di Jalan Ratulangi Pasar Raya Padang

Bagikan berita
Foto Diresmikan, Gedung Baru Toko Mas Murni di Jalan Ratulangi Pasar Raya Padang
Foto Diresmikan, Gedung Baru Toko Mas Murni di Jalan Ratulangi Pasar Raya Padang

PADANG - Toko Mas Murni meresmikan gedung baru di Jalan Ratulangi dan Permindo Pasar Raya Padang, Sabtu (30/9/2023). Gedung baru tersebut menyajikan konsep lebih modren dari sebuah toko emas.Grand Opening bangunan baru tiga lantai itu dilaksanakan oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa serta sejumlah tokoh masyarakat Sumatera Barat lainnya.

“Ini cita-cita Papa (Pendiri Toko Mas Murni Haji Arnis Saleh) agar Toko Emas Murni selalu berjaya sepanjang masa. Juga bertujuan untuk mempermudah akses pelanggan untuk berbelanja emas, dengan model-model terbaru dan pilihan terbaik,” ungkap dr Susianti, salah seorang Management Murni Group, Sabtu (30/9/2023).Didirikannya Toko Emas Murni di Jalan Ratulangi ini, dengan istilah berhias sambil menabung, memberikan pelayanan yang prima, seperti jual beli dengan harga yang transparan.

“Kami juga menyediakan layanan VVIP, di mana pelanggan dapat memperoleh fasilitas eksklusif di ruangan khusus,” ujar dr Susianti, mewakili Haji Arnis dan keluarga besar.Anggota DPR RI Guspardi Gaus mengatakan, dirinya kenal dengan H Arnis Saleh sejak tahun 1969 silam, ketika sekolah di Thawalib Padang Panjang. Guspardi mengungkapkan, hubungan kekeluargaan dibangun oleh kakeknya Dt Batuah. Di mana, Orang Tua H Arnis Saleh adalah teman dari pamannya yang diajak berdagang emas.

Menurut orang tuanya, Orang Tua H Arnis Saleh diajak berdagang emas karena memiliki karakter jujur. Awal berdagang emas, Orang Tua H Arnis Saleh mengalami kerugian. Bukan karena tidak jujur, tetapi belum bisa beradaptasi tentang kiat-kiat berdagang emas. “Jadi kami dengan H Arnis Saleh ini memiliki hubungan keluarga, satu kesatuan keluarga yang tidak terpisahkan,” terang Guspardi.Seiring berjalan waktu, sebelum reformasi perjalanan perdagangan emas oleh H Arnis Saleh mengalami lika-liku. Bahkan nyaris tidak bangkit. Namun era reformasi merupakan masa bangkitnya perdagangan emas yang dilakoni H Arnis Saleh.

Dengan kesuksesan usaha berdagang emas Mas Murni yang dirintis H Arnis Saleh, Guspardi mengajak Pengurus dan Anggota Apepi agar menjadikan perjalanan usaha dagang emas H Arnis Saleh sebagai pelajaran. Karena begitu banyak perubahan yang dibawanya dalam menjalankan usaha berdagang emas.Bagi yang pernah datang ke Toko Mas Murni, pengunjung dilayani oleh karyawan yang berpakaian seragam. Mereka tidak lagi punya hubungan kekeluargaan satu sama lain. Tidak hanya karyawan laki- laki saja yang melayani, tetapi juga kolaborasi antara perempuan dan laki- laki.

“Biasanya toko emas yang megang kunci lemari besi tidak pernah dipercayakan kepada orang lain, tapi hubungan kekerabatan. H Arnis Saleh malah mempercayakan sepenuhnya tokonya kepada management-nya. Ini yang perlu dicontoh. Berikan keberanian dan amanah, tidak one man, one show. H Arnis Saleh keluar dari tradisi keluarga toko mas,” terangnya.Terobosan lainnya yang dilakukan H Arnis Saleh, dirinya keluar dari pusat Pasar Raya membangun Toko Mas Murni. Bahkan, toko yang dibangun saat ini menjadi yang terbesar di sumbar.

Pelajaran terpenting lainnya dari perjalanan hidup H Arnis Saleh, dirinya menjalankan usaha merangkak dari bawah. Artinya pembentukan karakter pengusaha emas tidak harus turunan nenek moyang dan orang tua. Tapi sebuah kesempatan bekerja dalam bentuk apapun.Kini Toko Mas Murni menjadi yang terbesar. Semuanya berhasil berkat inovasi dan kreativitas yang dilakukan H Arnis Saleh. Bahkan di umurnya yang sudah 74 tahun, masih berupaya mengembangkan usaha yang dirintisnya.

Artinya, untuk memperoleh masa depan yang sukses, apapun profesi yang dilakukan, harus konsisten dari usaha yang dibangun. Punya inovasi, tingkatkan kreativitas, agar tetap eksis. “Namun, di balik semua kesuksesan H Arnis Saleh itu, semuanya berkat kasih sayang kepada ibunya,” terangnya.Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemko Padang menyambut baik hadirnya Gedung Baru Toko Mas Murni Cabang Kota Padang. Kehadiran gedung baru di lokasi yang baru ini dapat menyemarakkan aktivitas perdagangan di kota ini, dan mewujudkkan visi mewujudkan masyarakat madani berbasiskan pendidikan dan perdagangan yang tumbuh dan berdaya saing.

“Kehadiran Toko Mas Murni mendapat keberkahan bagi Kota Padang. Perekonomian semakin baik. Kini banyak yang berinvestasi di Kota Padang. Banyak gerai-gerai lokal dan nasional. Kehadiran Mas Murni melengkapi semuanya. Kita siap bersinergi dengan seluruh pelaku usaha. Kita ingin menjadikan Kota Padang menjadi kota dengan ekonomi eksklusif dan tujuan MICE,” terangnya.Grand Opening Murni Gold and Jewellery di Jalan Ratulangi Kota Padang dihadiri Mantan Gubernur Sumbar dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, Mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, Anggota DPR RI, Guspardi Gaus, Ketua Umum Bundo Kandung Sumbar, Raudha Thaib.

Juga hadir Wali Kota Padang Panjang Fadli Amran, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Muhammad Irsyad, dan para pemilik toko emas yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Emas Perhiasan Indonesia (Apepi).(yose)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini