Pemkot Pariaman Gandeng MPPKP dan Karier.mu Gelar Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week

×

Pemkot Pariaman Gandeng MPPKP dan Karier.mu Gelar Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week

Bagikan berita
Foto Pemkot Pariaman Gandeng MPPKP dan Karier.mu Gelar Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week
Foto Pemkot Pariaman Gandeng MPPKP dan Karier.mu Gelar Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman menggandeng Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) menggelar Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week di Kota Pariaman.Kegiatan itu akan dilaksanakan pada Selasa (3/10/2023), di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skills Week di Kota Pariaman menghadirkan narasumber Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) Cahyo Prihadi, Chief of Karier.mu M Rangga Septyadi, Wali Kota Pariaman Genius Umar dan moderator oleh Head Pengembangan Ekosistem MPPKP Andreas Aditya Swasti.Dalam kesempatan ini, Cahyo Prihadi menyatakan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Pariaman, khususnya kepada Walikota Pariaman Genius Umar yang terus mendukung program Prakerja di berbagai kesempatan, termasuk dalam sosialisasi program Indonesia Skills Week.

“Dalam menjalankan misi untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja, tentu Prakerja tak bisa sendirian. Kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti kampus, lembaga pelatihan, lembaga keuangan, termasuk juga pemerintah daerah, sangat penting,” kata Cahyo.Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Pariaman dalam mengurangi angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan di Kota Pariaman.

“Berbagai langkah kongkrit telah kita tempuh, termasuk menghimbau masyarakat Kota Pariaman khususnya yang belum bekerja, untuk mendaftar pada program Kartu Prakerja. Tercatat dari Tahun 2020 sampai dengan 2022 terdapat sebanyak 8.034 orang warga Kota Pariaman sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja,” ujarnya.Genius menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Tahun 2022, Kota Pariaman memiliki jumlah penduduk sebesar 96.719 jiwa, dengan jumlah angkatan kerja sebesar 45.774 jiwa.

Dari jumlah angkatan kerja tersebut, sebanyak 43.398 jiwa telah bekerja/memiliki pekerjaan, dan sisanya 2.376 jiwa adalah penganggur/pencari kerja. Artinya tingkat pengangguran Kota Pariaman tahun 2022 sebesar 5.31 persen.“Sementara pada tahun 2021 tercatat jumlah angkatan kerja tersebut, sebanyak 42.079. Dari jumlah Angkatan kerja tersebut, sebanyak 39.668 jiwa telah bekerja/memiliki pekerjaan, dan sisanya 2.411 jiwa adalah penganggur/pencari kerja, dengan tingkat pengangguran kota pariaman tahun 2021 sebesar 5.73 persen. Artinya terdapat penurunan tingkat pengangguran di Kota Pariaman untuk tahun 2022 sebesar 0,42 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut Genius mengungkapkan dengan hadirnya Indonesia Skills Week yang digagas oleh Prakerja, diharapkan mampu mendorong dan menginspirasi generasi muda dalam mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja, menciptakan tenaga kerja yang kompeten melalui pengembangan keterampilan, menciptakan peluang lapangan kerja serta mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang nantinya akan mampu mengurangi angka pengangguran di Kota Pariaman.“Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pencari kerja di Kota Pariaman mengenai program Indonesia Skills Week ini dan memotivasi mereka untuk ikut berpartisipasi dalam Indonesia Skills Week, dengan mengikuti pelatihan online secara gratis, murah dan mudah, untuk peningkatan kompetensi dan daya saing di dunia kerja,” tutupnya.

Chief of Karier.mu M. Rangga Septyadi menyebutkan, Karier.mu mendukung kegiatan MPPKP dan Pemerintah Kota Pariaman dalam pengembangan angkatan kerja di Pariaman.Salah satu bentuk dukungan adalah memberikan voucher belajar gratis untuk pelatihan soft skill dan keterampilan bisnis pemula yang dapat digunakan selama program Indonesia Skills Week.

“Peserta yang hadir memiliki akses untuk mencoba berbagai pelatihan yang tersedia, hasil dari kolaborasi Karier.mu bersama lebih dari 450 mitra lembaga pelatihan di berbagai daerah. Inisiatif ini diharapkan dapat juga meningkatkan kesadaran tentang lifelong learning yang juga digaungkan oleh MPPKP, serta menginspirasi pemerintah daerah lain untuk membangun kolaborasi dengan MPPKP dan Karier.mu dalam meningkatkan kualitas angkatan kerja di wilayah masing-masing,” sambung M. Rangga Septyadi.Acara ini akan diikuti Kader Ketenagakerjaan Kota Pariaman sebanyak 71 orang, yang tersebar di 71 desa/kelurahan di Kota Pariaman, dan masing-masing kader membawa tiga orang pencari kerja usia produktif (maksimal 35 tahun) yang ada di desa/kelurahan masing-masing, dengan total peserta adalah sebanyak 284 orang.

Sedangkan untuk biaya pelaksanaan kegiatan ini, melalui cost sharing antara APBD (Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kota Pariaman) dengan APBN (Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia). (Dd)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini