Sebelum melaju ke tahap pemaparan bisnis, IMA terlebih dahulu memberikan persiapan kepada peserta berupa pelatihan dan workshop. Tahap ini ditujukan untuk mematangkan pengetahuan, kemampuan, dan perencanaan bisnis para UMKM sebelum memasuki tahapseleksi perencanaan bisnis.
Sekitar 287 UMKM yang berhasil melewati tahap seleksi pertama melanjutkan tahap pelatihan dan workshop yang dimulai 8 Juli-26 Agustus 2023. Pelatihan ini merupakan upaya IMA untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM di Indonesia dengan menghadirkan pakar dari Alumni Certified Professional Marketer (CPM) dan pengurus IMA yang memiliki pengalaman luas di bidang itu.Ada 50 UMKM tersaring pada pelatihan dan workshop ini berfokus pada bidang pemasaran bisnis dan keterkaitannya antara lain dengan Sustainable Development Goals (SDGs), kerja sama Indonesia Global Compact Network (IGCN), perempuan, dan kaum muda.Pada tahap ini, para mentor akan melatih dan memantau secara khusus untuk meningkatkan kemampuan para peserta dan memilih 50 UMKM yang kemudian dilanjutkan ke tahap ketiga, yaitu mentoring dan coaching.Setelah melalui proses seleksi, pelatihan, mentoring, dan coaching selama 5 bulan, sebanyak 20 UMKM terpilih pada tahap final dari 477 UMKM terdaftar. Selama proses pelatihan, usahausaha terpilih telah menjalani pelatihan dengan fokus pengoptimalan aspek-aspek pemasaran untuk pengembangan usaha masing-masing. Sampai pada puncaknya (14/10), proses penjurian berlangsung untuk menentukan 6 UMKM terbaik.(Rel)
Editor : Eriandi