Lewat BPKH Hajj Run & Fun Walk, Ajak Generasi Muda Menabung Haji Sejak Dini

×

Lewat BPKH Hajj Run & Fun Walk, Ajak Generasi Muda Menabung Haji Sejak Dini

Bagikan berita
Foto Lewat BPKH Hajj Run & Fun Walk, Ajak Generasi Muda Menabung Haji Sejak Dini
Foto Lewat BPKH Hajj Run & Fun Walk, Ajak Generasi Muda Menabung Haji Sejak Dini

PADANG - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) akan menyelenggarakan BPKH Hajj Run & Fun Walk, Sabtu (28/8/2023).Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengambil titik start di Taman Wisata Tanjung Mutiara, Jorong Mutiara, Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan bahwa BPKH Hajj Run & Fun Walk ini merupakan kegiatan yang sangat positif terutama untuk membentuk jiwa dan raga yang sehat."Dengan kata lain, mensana in corpore sano yang berarti jiwa yang sehat berada dalam tubuh yang sehat. Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga," katanya.

Tak hanya sekedar berolahraga, kegiatan lari dan jalan santai ini sekaligus sebagai upaya BPKH untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya untuk memulai menabung haji sejak dini."Tujuannya agar bisa menunaikakan ibadah haji di usia muda," katanya.

Apalagi, lanjut Harry, saat ini ada usulan agar pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun mendatang akan lebih fokus pada Istithaah Kesehatan jamaah haji mendahului pelunasan.Artinya, sebelum pelunasan biaya haji, calon jamaah haji harus lolos kriteria istithaah kesehatan.

Hal ini sangat penting dan krusial bagi jamaah haji, terutama jamaah haji Indonesia yang sebagian besar telah berusia lanjut.Seperti kita ketahui, ibadah haji adalah ibadah yang sangat mengandalkan kekuatan fisik.

Karena itu, jamaah yang berangkat haji harus dipastikan bisa mengikuti semua rangkaian ibadah haji.Belum lagi aktivitas sehari-hari jamaah di tanah suci yang kebanyakan dilakukan dengan berjalan kaki.

“Kegiatan Hajj Run & Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk mensosialisasikan terkait Istithaah Kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan Haji Muda, mendorong kalangan milenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda,” ujarnya.Hadiah umroh

BPKH Hajj Run & Fun Walk akan start pada pukul 06.00 WIB dari Taman Wisata Tanjung Mutiara, Jorong Mutiara, Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.Untuk Fun Walk menempuh jarak 3,5 km, dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan berakhir di RM Danau Indah.

Sedangkan Fun Run dengan jarak 5 km, start di Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finish di Prasasti Ombilin.Kegiatan lari dan jalan santai ini akan diikuti oleh para pelajar dan pelaksana lembaga pendidikan di sekitar Padang Panjang, Tanah Datar, Batusangkar, Solok, Bukittinggi dan Padang.

Peserta lainnya berasal dari nasabah dari sejumlah bank termasuk mitra BPKH. Kemudian ada dari komunitas pelari, undangan khusus serta masyarakat. Pendaftaran dilakukan secara online dengan meng-klik tautan https://www.ticket2u.id/event/33037.Panitia Pelaksana BPKH Hajj Run & Fun Walk, Rizky Ardiansyah menjelaskan, ada dua kriteria peserta. Pertama, bagi peserta yang memiliki porsi haji bisa mendaftar secara gratis. Cukup mencantumkan nomor registrasi haji dan KTP. Peserta tersebut akan memperoleh racepack.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini