Topindoku, Startup Karya Anak Bangsa Jadi Solusi Digitalisasi UMKM

×

Topindoku, Startup Karya Anak Bangsa Jadi Solusi Digitalisasi UMKM

Bagikan berita
Foto Topindoku, Startup Karya Anak Bangsa Jadi Solusi Digitalisasi UMKM
Foto Topindoku, Startup Karya Anak Bangsa Jadi Solusi Digitalisasi UMKM

JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek dalam bawah naungan MNC Group, yang mana pada waktu ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. MNC Sekuritas kembali berperan sebagai penjamin emisi efek bersifat ekuitas dalam Bursa Efek Indonesia. Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) memainkan peran yang tersebut sangat penting di perekonomian Indonesia. Di tahun 2023 lalu, UMKM menyumbang 61% dari Pendapatan Domestik Bruto nasional juga 97% penyumbang lapangan pekerjaan.Sebagai tulang punggung ekonomi, UMKM memberikan partisipasi yang signifikan terhadap peningkatan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta distribusi pendapatan di dalam seluruh nusantara. Namun, meskipun miliki peran strategis, UMKM juga menghadapi banyak hambatan yang digunakan perlu diselesaikan agar dapat berprogres secara optimal.

Salah satu hambatan yang tersebut dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan akses terhadap teknologi terkini. Masih berbagai UMKM lokal, teristimewa di tempat tempat yang mana masih menghadapi tantangan terkait keterbatasan keterampilan serta akses terhadap teknologi.Banyak pelaku UMKM di tempat area belum mempunyai pengetahuan yang dimaksud memadai tentang perkembangan teknologi. Kurangnya literasi digital serta pemahaman terhadap kegunaan teknologi menghambat UMKM untuk mengintegrasikan solusi teknologi di proses perusahaan mereka.

Guna mengatasi problem ini, PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) hadir sebagai solusi untuk membantu UMKM pada bursa tradisional agar bidang usaha mereka itu dapat bersaing di tempat era pangsa modern, sehingga dapat meningkatkan dan juga menghasilkan kembali hidup yang dimaksud lebih banyak baik.Start Up yang tersebut berbasis di dalam Kalimantan Barat ini berfokus pada pemberdayaan UMKM melalui platformnya, yaitu Topindoku. Topindoku menyediakan solusi yang tersebut mengintegrasikan teknologi untuk berbagai keperluan proses perusahaan UMKM mulai dari layanan pelanggan barang digital, pemesanan lalu pengiriman stok barang dagangan, pencatatan operasi keuangan, PoS, serta lain-lain yang mana dilaksanakan pada satu platform digital saja.

Dalam rangka melebarkan usaha dan juga layanannya, ketika ini TOSK berada dalam mengambil langkah besar dengan menyelenggarakan proses IPO yang mana telah lama direncanakan sejak tahun 2023 lalu. Perseroan telah lama menunjuk PT MNC Sekuritas lalu PT Erdikha Elit Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.Saat ini, TOSK telah dilakukan memperoleh ijin publikasi dari Otoritas Jasa Keuangan serta akan memulai masa penawaran awal (bookbuilding) pada hari Senin, 15 Januari 2024 sampai 19 Januari 2024. Dengan adanya IPO, Perseroan membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi warga umum, investor, lalu pihak terkait lainnya untuk berpartisipasi pada kesuksesan kemudian perkembangan perusahaan yang dimaksud telah terjadi berjanji untuk memajukan sektor UMKM.

Direktur Utama Perseroan, Seiko Manito, menyatakan, "Kami sangat antusias dengan langkah besar ini, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai Startup pertama jika Kalimantan Barat yang akan segera mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia (BEI). IPO kami bukanlah cuma tentang perkembangan perusahaan, tetapi juga tentang memberdayakan UMKM. Kami percaya bahwa akses modal yang tersebut lebih tinggi besar akan memungkinkan kami untuk memberikan lebih banyak berbagai dukungan untuk UMKM, memfasilitasi inovasi, dan juga menggerakkan pertumbuhan perekonomian lokal."Direktur Investment Banking PT MNC Sekuritas Hary Herdiyanto optimistis TOSK akan mendapatkan respon yang tersebut positif dari para calon investor, dikarenakan TOSK mempunyai beberapa faktor positif, antara lain: pertama, TOSK sudah pernah miliki business turnover yang mana besar juga stabil hingga mencapai Rp2 triliun per tahun di 2 tahun terakhir, jaringan kegiatan bisnis yang dimaksud luas pada wilayah Kalimantan, juga yang tersebut tak kalah penting adalah visi sociopreneur TOSK untuk memajukan UMKM di tempat Indonesia melalui digitalisasi proses bisnis, yang mana bisa saja memberikan nilai tambah lebih lanjut dari sisi sosial.

Nikmati layanan pembangunan ekonomi saham dan juga reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi mobile MotionTrade lalu jelajahi seamless experience. Aplikasi komputer MotionTrade dapat diambil dalam Google PlayStore juga Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini