KAI Diserang Ransomware, Informasi Penumpang Ada yang Bocor?

×

KAI Diserang Ransomware, Informasi Penumpang Ada yang Bocor?

Bagikan berita
Foto KAI Diserang Ransomware, Informasi Penumpang Ada yang Bocor?
Foto KAI Diserang Ransomware, Informasi Penumpang Ada yang Bocor?

JAKARTA - Peretasan data kembali terjadi dalam di negeri. Kali ini peretasan data mendera PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.Hal ini pasca adanya informasi dalam media sosial X (dulunya Twitter) yang mana mengungkapkan bahwa salah satu grup hacker meretas data penumpang KAI.

"Data Breach at PT Kereta Api Indonesia. ( https://kai.id ). A Hacker group claims to have accessed sensitive data, including employee info, customer details, and more from Indonesia's National railway company," tulis akun @TodayCyberNews yang mana dikutip, Selasa (16/1/2024).Sementara VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada bukti konkret yang menunjukkan bahwa data KAI telah bocor seperti yang diinformasikan. KAI akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk memastikan keamanan data mereka.

Joni menyatakan semua data KAI tetap aman, dan seluruh sistem operasional IT, pembelian tiket online KAI, dan layanan Face Recognition Boarding Gate di semua stasiun berjalan dengan baik. Masyarakat juga dijamin keamanan data pada layanan Face Recognition Boarding Gate, karena KAI memiliki manajemen keamanan informasi yang baik.Untuk langkah lebih lanjut, KAI akan bekerja sama dengan pihak berwajib untuk menyelidiki tindakan hukum terkait peretasan ini. KAI menegaskan tekad mereka untuk tidak tunduk pada tindakan kejahatan pemerasan.

"KAI secara berkala terus meningkatkan keamanan siber demi kenyamanan para pelanggan agar tetap dapat menggunakan jasa transportasi massal kereta api dengan nyaman, aman, dan tepat waktu," tambah Joni.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini