8 Daftar Komisaris BUMN yang Mundur Usai Jadi Timses Capres-Cawapres

×

8 Daftar Komisaris BUMN yang Mundur Usai Jadi Timses Capres-Cawapres

Bagikan berita
Foto 8 Daftar Komisaris BUMN yang Mundur Usai Jadi Timses Capres-Cawapres
Foto 8 Daftar Komisaris BUMN yang Mundur Usai Jadi Timses Capres-Cawapres

JAKARTA - Anggota Dewan Komisaris BUMN ramai-ramai mengajukan surat pengunduran diri, lantaran memilih bergabung di pasukan sukses (timses) Calon Presiden kemudian Calon Wakil Presiden ( Capres-Cawapres ) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.Terbaru, Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank, memilih cabut dari Komisaris Independen PT Telekom Indonesia Tbk (Telkom) yang dijabatinya sejak Mei 2021 lalu. Alasan mendasar gitaris grup band Slank itu akibat bergabung dengan timses atau memberi dukungan urusan politik untuk Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pengunduran diri dikonfirmasi segera oleh Abdee pada waktu pengumuman Slank membantu Ganjar-Mahfud, di dalam Gang Potlot Jakarta,  Sabtu (20/1/2024) kemarin. Hadir di acara itu semua personil Slank, para Slankers lalu Capres-Cawapres nomor urut 3."Jadi saya mau disclaimer dulu. Menghindari pertanyaan, ini kok Komisaris ada di area sini, jadi biar tiada ada dusta pada antara kita, untuk menghormati aturan yang tersebut ada, dan juga nilai kemudian etika, per hari hari terakhir pekan kemarin jam 17.00 saya sudah ada melayangkan surat pengunduran diri dari Telkom Indonesia," ucap Abdee, disitir Mingguan (21/1/2024).

Abdee merupakan satu nama dari banyak Komisaris perseroan negara, yang tersebut memilih menjadi timses Capres-Cawapres pada pilpres tahun ini, daripada melanjutkan masa jabatan merek sebagai bos BUMN.Berikut Deretan Komisaris BUMN lainnya yang dimaksud undur diri serta jadi timses politik:

1. Muhammad Arief Rosyid HasanArief Rosyid resmi undur diri sebagai Komisaris PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI sejak November 2023 lalu. Hal ini setelahnya ia ditunjuk menjadi Komandan Pemilih Muda di TKN Calon Presiden serta Wakil Presiden Prabowo-Gibran

2. Eko SulistyoEko mengundurkan diri sebagai komisaris PT PLN (Persero) pada Oktober tahun lalu. Langkah itu pasca dirinya ditunjuk menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

3. Budiman SudjatmikoNama lain yang cabut dari bangku Komisaris BUMN adalah Budiman Sudjatmiko. Eks politikus PDI Perjuangan itu tak lagi menjabat sebagai Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) sejak November 2023.

Budiman ditunjuk sebagai anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.4. Andi Gani Nena Wea

Pada Nomor 2023, Presiden Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PT PP, Andi Gani Nena Wea, resmi mundur dari jabatannya. Andi Gani ingin fokus meraih kemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.Pria yang menjabat sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) itu mundur pasca sembilan tahun menjabat sebagai Komisaris Utama dalam perusahaan pelat merah di area bidang proyek konstruksi tersebut.

5. AnggawiraKomisaris BUMN lain yang mengundurkan diri adalah Anggawira. Dia sebelumnya menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Krakatau Pipe Industries (KPI). Anggawira bergabung pada Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), kelompok yang tersebut mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran.

Kementerian BUMN memang menerima pengajuan permohonan Komisaris BUMN agar mengundurkan diri, setelah bergabung atau masuk di pasukan sukses Capres-Cawapres pada pilpres 2024.6. Rosan Roeslani

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini