Cek Tagihan Listrik, Lengkap dengan Estimasi Biaya! Begini Caranya

×

Cek Tagihan Listrik, Lengkap dengan Estimasi Biaya! Begini Caranya

Bagikan berita
Foto Cek Tagihan Listrik, Lengkap dengan Estimasi Biaya! Begini Caranya
Foto Cek Tagihan Listrik, Lengkap dengan Estimasi Biaya! Begini Caranya

JAKARTA - PT PLN (Persero) memberikan kemudahan bagi pelanggan listrik pascabayar untuk mengecek perkiraan tagihan pemakaian listrik setiap bulan. Melalui fitur Catat Unit secara mandiri yang tersedia dalam perangkat lunak PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui perkiraan pemakaian listrik setiap bulan sebelum tagihan resmi keluar."Melalui layanan Catat Meter, pelanggan pascabayar bisa mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya," jelas Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN, Gregorius Adi Trianto, dalam keterangan resminya, Rabu (24/1/2024).

Gregorius menjelaskan bahwa pelanggan tidak perlu khawatir mengenai kesulitan dalam melakukan pencatatan meter mandiri melalui fitur ini. Dia menyatakan bahwa langkah-langkah membaca meter mandiri melalui perangkat lunak PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya:

  1. Buka perangkat lunak PLN Mobile.
  2. Pilih menu Catat Meter.
  3. Pilih mulai swacam & foto bilangan stand meter yang terdapat pada kWh meter.
  4. Pilih ID Pelanggan.
  5. Masukkan bilangan stand meter.
  6. Kirim.
Gregorius melanjutkan bahwa setelah pelanggan melakukan langkah-langkah di atas, estimasi biaya tagihan listrik akan muncul. Tagihan listrik akan dikirimkan setiap awal bulan berikutnya, dan pembayaran listrik dapat dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile.

Selain itu, layanan Catat Satuan Pengukuran Mandiri dalam aplikasi PLN Mobile ini sudah disesuaikan dengan perhitungan berdasarkan 40 jam nyala, baik tarif blok maupun tabungan minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016."Selain mampu mengetahui estimasi tagihan lebih awal, dengan catat meter mandiri, privasi pelanggan juga lebih terjaga, sehingga petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah untuk melakukan pencatatan meter di tempat kWh meter," ujar Gregorius.

Gregorius berharap bahwa hadirnya berbagai fitur dalam PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses seluruh layanan tanpa perlu pergi ke kantor PLN. Mulai dari melakukan proses kelistrikan, seperti pasang baru, tambah daya, bayar tagihan, hingga melakukan pencatatan meter mandiri."Pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi mobile PLN Mobile dapat mengunduhnya secara gratis di AppStore atau PlayStore," tutup Gregorius.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini