Dokter Muda Unand Beri Program Latihan, "Dinos" Kembali Lagi

×

Dokter Muda Unand Beri Program Latihan, "Dinos" Kembali Lagi

Bagikan berita
Foto Dokter Muda Unand Beri Program Latihan, "Dinos" Kembali Lagi
Foto Dokter Muda Unand Beri Program Latihan, "Dinos" Kembali Lagi

Padang  - Setelah mengalami vakum sejak 2020 akibat pandemi Covid-19, program pelatihan dan pelantikan dokter kecil di wilayah kerja Puskesmas Seberang Padang direaktivasi oleh Dokter Muda Ilmu kesehatan Masyarakat Kedokteran Komunitas (IKM-KK) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas melalui program "Dokter Kecil Inovatif dan Inspiratif Seberang Padang" atau yang lebih dikenal sebagai "Dinos" akhirnya kembali bangkit.Peluncuran program tersebut diselenggarakan Sabtu (9/3) pagi di Puskesmas Seberang Padang, dihadiri murid SD se-Kecamatan Padang Selatan beserta guru pendamping di Gedung Mini Theatre, Youth Centre Bagindo Aziz Chan Padang.

Dinos bukan sekadar program kesehatan biasa. Ini adalah gerakan yang mengajak generasi muda untuk menjadi pionir dalam praktik perilaku sehat, termasuk menjaga kebersihan diri, serta menjadi agen perubahan dalam memperhatikan kesehatan keluarga dan lingkungan sekitar.“Melalui program ini, diharapkan para siswa-siswi dapat menjadi teladan bagi teman-teman sebayanya dan masyarakat sekitar mereka,” ujar dr. Rima Semiarty, MARS, SpKKLP yang merupakan preseptor dokter muda dari FK Unand.

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Kepala Puskesmas Seberang Padang, dr. Syilvia Dewi Anwar, dan Bapak Camat Padang Selatan, Anhal Mulya Perkasa, S.STP. M.PA. Puncak acara adalah saat pemasangan pin "DINOS" secara simbolis oleh Bapak Camat Padang Selatan, Ketua IDI Cabang Padang, dan pemateri utama acara, Dr. dr. Muhammad Riendra, Sp.BTKV (K).“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi peserta program DINOS, terutama di wilayah Padang Selatan. Terima kasih dan selamat untuk Puskesmas Seberang Padang dan Dokter Muda IKM KK FK UNAND,” ucap Camat Padang Selatan.

Selain itu, peserta juga diajak untuk mengikuti serangkaian kegiatan edukatif, seperti pembelajaran tentang kesehatan lingkungan, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), dan strategi gizi seimbang. Uji pengetahuan sebelum dan setelah acara memberikan gambaran tentang sejauh mana pemahaman siswa-siswi tentang kesehatan dan lingkungan telah berkembang."Melalui Dinos kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan lingkungan di kalangan siswa-siswi, serta memotivasi mereka untuk mengambil langkah konkret dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar," ujar Ketua IDI Cabang Padang, dr. Muhammad Riendra, SpBTKV, SubspVE(K) di sela materinya mengenai Wawasan UKS dan Dokter Kecil.

Tidak hanya itu, para peserta juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam ice breaking yang menyenangkan untuk mempererat hubungan antar sesama peserta.Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada siswa-siswi yang aktif berpartisipasi serta pembuatan video TikTok sebagai pengingat akan momen bersejarah ini.

“Acaranya seru banget!!! Terima kasih Bapak Ibu-“ testimoni dari Darren, dokter kecil dari SD Kalam Kudus Padang.“Dinos bukanlah sekadar sebuah acara, melainkan sebuah perjalanan panjang menuju transformasi masyarakat yang lebih sehat dan peduli akan lingkungan,” pungkas dr. Dewi selaku Kepala Puskesmas Seberang Padang. (r)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini