Presiden Xi Jinping Bahas Hubungan Bilateral Bersama Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto

×

Presiden Xi Jinping Bahas Hubungan Bilateral Bersama Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto

Bagikan berita
Foto Presiden Xi Jinping Bahas Hubungan Bilateral Bersama Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto
Foto Presiden Xi Jinping Bahas Hubungan Bilateral Bersama Presiden Indonesia Terpilih Prabowo Subianto

BEIJING - Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, bertemu di Balai Agung Rakyat, Beijing pada Senin hari ini (1/4), untuk membahas masa depan hubungan bilateral yang semakin erat antara kedua negara.Xi Jinping menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto atas terpilihnya sebagai Presiden Indonesia, serta meminta dia menyampaikan salam tulus kepada Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan ini, Xi Jinping menyoroti perkembangan hubungan yang pesat antara Tiongkok dan Indonesia dalam satu dekade terakhir, yang telah mencapai hasil yang bernas, termasuk kereta cepat Jakarta-Bandung yang menjadi percontohan kerja sama berkualitas tinggi.

Lebih lanjut, Xi Jinping menegaskan komitmen Tiongkok untuk memperdalam kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia, membentuk komunitas senasib sepenanggungan yang berpengaruh secara regional maupun global, dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian, kestabilan, dan kemakmuran kawasan serta dunia.Dalam konteks ini, Xi Jinping menekankan pentingnya menjaga kemandirian strategis, saling percaya, kerja sama yang saling menguntungkan, keadilan, dan kesetaraan sebagai kunci keberhasilan hubungan bilateral. Dia juga menggarisbawahi peran penting Tiongkok dan Indonesia sebagai negara berkembang utama dan perwakilan dari negara-negara pasar berkembang.

Prabowo Subianto menyampaikan salam yang tulus dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Xi Jinping, serta mengungkapkan kegembiraannya memilih Tiongkok sebagai negara pertama yang dikunjungi setelah terpilih sebagai Presiden Indonesia. Dia mengapresiasi kontribusi yang signifikan dari Tiongkok dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan menyatakan dukungannya untuk memperkuat hubungan bilateral.Pemerintah Indonesia baru juga menyatakan kesiapannya untuk mendorong kerja sama yang lebih erat dengan Tiongkok dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan dan pengentasan kemiskinan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua negara.

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, turut hadir dalam pembicaraan tersebut, menandakan pentingnya pertemuan ini bagi kedua belah pihak.Pertemuan antara Xi Jinping dan Prabowo Subianto ini memberikan sinyal kuat tentang komitmen kedua negara untuk memperdalam hubungan bilateral mereka, serta untuk memperkuat kerja sama mereka dalam isu-isu regional dan internasional yang penting. (*)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini