Lebaran Tetap Prima dengan Konsultasi Daring Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Dokter Gigi

×

Lebaran Tetap Prima dengan Konsultasi Daring Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Dokter Gigi

Bagikan berita
Foto Lebaran Tetap Prima dengan Konsultasi Daring Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Dokter Gigi
Foto Lebaran Tetap Prima dengan Konsultasi Daring Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Dokter Gigi

 Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi mudik dan merayakan Hari Raya di kampung halaman menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Meski demikian pentingnya perawatan gigi dan mulut sebagai bagian dari persiapan lebaran ditekankan oleh drg. Gagah Daru Setiawan, Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)  Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, agar ketika saatnya tiba, masyarakat Indonesia bisa tampil lebih sehat dan prima.

 Pada saat merayakan Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasanya dihadapkan dengan hidangan makanan dan minuman yang bervariasi yang mengandung gula, bersantan, berlemak, dan berminyak. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, maka dari itu penting untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut guna mencegah penumpukan lemak dan plak pada gigi dengan cara menyikat gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi profesional.

 "Saat mengonsumsi makanan berlemak, lemak akan menempel di permukaan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi. Selain itu, membatasi olahan siap saji dan makanan manis, sertamenjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat agar memudahkan sisa makanan terbawa ketika kita makan. Apabila ada keluhan, segera konsultasi maupun periksa ke dokter gigi profesional," ungkap drg. Gagah.

 “Tak lupa, masyarakat juga perlu minum air putih 8 gelas setara dengan 2 liter per hari atau minum teh hijau maupun hitam agar tubuh tidak terhidrasi. Hal ini efektif mencegah peradangan pada gusi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum,” lanjut drg. Gagah.

 Terkait dengan mudik, drg. Gagah juga memberikan saran agar tetap menjaga kondisi tubuh secara utuh, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan, agar tubuh tidak ‘kaget,’ mengingat perjalanan mudik butuh waktu relatif lebih panjang dibanding aktivitas perjalanan rutin sehari-hari.

 Menurut drg. Gagah, kesehatan tubuh secara umum perlu lebih dijaga, karena butuh asupan sehat yakni buah-buahan kaya serat dan mengandung vitamin C. Tujuannya menambah kesegaran tubuh, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama mudik sampai nanti di hari raya Idul Fitri. “Kandungan vitamin D dalam susu menjadikan ggi dan tulang menjadi kuat. Selain itu di dalam susu juga terkandung protein seperti biji-bijian dan kacang-kacangan,” papar drg. Gagah.

 Sementara itu, bagi pemudik yang tengah berada di perjalanan, ataupun saat hari Idul Fitri, jika membutuhkan konsultasi dengan dokter gigi dapat menggunakan layanan daring atau teledentistry. Dikutip dari referensi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (2020), teledentistry berpotensi memberikan manfaat dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut baik melalui diagnosis dini, pengobatan tepat waktu, mempermudah komunikasi dengan tenaga kesehatan, serta meningkatkan akses perawatan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan maupun daerah tertinggal yang butuh pelayanan kesehatan mulut. Teledentistry dapat mengatasi kendala jarak dengan memberikan akses penyedia layanan kesehatan mulut di pedesaan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis di kota besar, tanpa kehadiran pasien secara fisik.

 Salah satu teledentistry yang dapat digunakan oleh masyarakat adalah Layanan Tanya Dokter Gigi dari Pepsodent yang sudah tersedia sejak tahun 2020. Selamat empat tahun, Pepsodent telah melayani 89 ribu warga Indonesia melalui konsultasi gratis Layanan Tanya Dokter Gigi via whatsapp di nomor 0878-8876-8880 atau melalui link https://bit.ly/TanyaPepsodent untuk memudahkan masyarakat berkonsultasi dengan dokter gigi di manapun mereka berada.

 Program yang dapat diakses melalui tanyadoktergigi.co.id ini, merupakan wujud komitmen Pepsodent dalam memberikan pelayanan akses pelayanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan konsultasi terkait masalah gigi dan mulut. Mereka dapat memilih di antara tiga pilihan yakni konsultasi via chat, video call, atau voice call. Nantinya, dokter gigi profesional akan segera menjawab pertanyaan maupun keluhan secara cepat dan tepat. (R)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini