Temui Wapres, Menlu Sampaikan Indonesia Konsisten Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

×

Temui Wapres, Menlu Sampaikan Indonesia Konsisten Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Bagikan berita
Menteri Retno Marsudi menemui Wapres MA'ruf Amin. (antara)
Menteri Retno Marsudi menemui Wapres MA'ruf Amin. (antara)

JAKARTA -Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada hari Rabu. Dalam pertemuan tersebut, Menlu melaporkan tentang konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Menlu menegaskan dengan tegas bahwa tidak benar adanya pemberitaan mengenai kemungkinan normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel. "Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini," kata Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Wapres mendukung sepenuhnya langkah Indonesia dalam hal ini, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel-Palestina melalui kesepakatan two state solution. "Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten menerapkan two state solution yang merupakan keputusan final," kata Masduki.

Selain itu, Menlu juga melaporkan situasi terkini terkait konflik Iran-Israel yang baru-baru ini mengemuka dan peran Indonesia dalam upaya meredam konflik tersebut. "Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh Bu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara, termasuk pada Iran agar tidak terjadi perang dan pembalasan dari pihak Israel," ucap Masduki.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel. "Indonesia tetap kokoh mendukung kemerdekaan Palestina dalam kerangka solusi dua negara dan akan selalu konsisten membela hak-hak bangsa Palestina," tegas Juru Bicara Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal. (ant)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini