Ini Jam Tidur yang Ideal Menurut Ahli Kesehatan

×

Ini Jam Tidur yang Ideal Menurut Ahli Kesehatan

Bagikan berita
Ilustrasi tidur. (ist)
Ilustrasi tidur. (ist)

JAKARTA -Ketua Umum Terpilih PP Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menekankan pentingnya waktu tidur yang berkualitas, mengatakan bahwa waktu yang paling baik untuk tidur malam adalah dari pukul 20.00 atau 21.00 hingga pukul 04.00 atau 05.00.

"Hal yang paling penting adalah memastikan waktu tidur yang berkualitas, yang normalnya antara lima hingga delapan jam per hari. Waktu terbaik untuk beristirahat adalah dari pukul delapan atau sembilan malam hingga pukul empat atau lima pagi," ujar Hermawan kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (17/4).

Hermawan juga menegaskan bahwa durasi dan waktu tidur seseorang dapat bervariasi tergantung pada kondisi fisik dan biologis individu.

Namun demikian, dia menyarankan untuk berupaya tidur antara lima hingga delapan jam setiap hari, dengan waktu tidur yang dimulai sekitar pukul 20.00 atau 21.00 hingga pukul 04.00 atau 05.00 untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hermawan juga mengungkapkan bahwa kebiasaan bangun dini saat sahur selama bulan Ramadan dapat membantu dalam pengaturan waktu tidur yang lebih baik karena tubuh akan mengaktifkan "alarm" alami untuk bangun pada waktu tersebut.

Dia menekankan bahwa pola tidur yang baik bisa dicapai dengan kebiasaan bangun pagi, menghindari tidur terlalu larut malam, dan menjalani pola makan yang sehat.

"Memiliki pola tidur yang baik dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks," tambahnya.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini