BKSDA: Banjir Bandang di Lembah Anai Bukan Karena Eksploitasi Kawasan Hutan

×

BKSDA: Banjir Bandang di Lembah Anai Bukan Karena Eksploitasi Kawasan Hutan

Bagikan berita
Longsor di Lembah Anai
Longsor di Lembah Anai

PADANG -Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar memastikan tidak ada eksploitasi di kawasan hutan akibat banjir bandang yang melanda di kawasan Lembah Anai.

Hal itu diperkuat, setelah tim yang berada di lapangan menemukan material-material yang dibawa akibat banjir bandang tersebut.

"Dari material yang kita lihat banyak kayu-kayu beserta dengan akarnya terbawa arus. Di sini kita bisa menyimpulkan adanya bendungan air dari hulu yang tidak tertampung sehingga mengakibatkan kayu beserta akarnya dibawa arus tersebut," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar, Eka Damayanti, kepada Singgalang, Minggu (12/5).

Eka mengatakan, pihaknya bersama tim di lapangan dan stakeholder terkait sudah mengumpulkan data-data yang mengakibatkan bencana alam yang melanda di sejumlah daerah.

"Kita sudah kumpulkan data-data, potensi kerawanan bencana itu ada. Dan seharusnya pihak terkait sudah bisa memetakan kerawanan bencana alam itu. Untuk kerawanan bencana ini kondisi situasi itu berkembang kita tidak bisa menganalisa secara persanaliar," ujar Eka.

Dikatakan, pihaknya hingga saat ini masih memonitoring potensi bencana susulan yang bakan terjadi. Diharapkan kepada warga masyarakat agar jangan berada di titik-titik lokasi bencana.

"Kita sudah mengidentifikasi lokasi yang terdampak, jadi kita tegaskan tidak ada eksploitasi hutan, fenomena ini terjadi adanya bendungan air yang dihulu yang tidak tertampung sehingga mengakibatkan longsor maupun banjir bandang," katanya.‎ (dr)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini