Kantor Pos Medan 1911, Semennya Tentu dari Padang

×

Kantor Pos Medan 1911, Semennya Tentu dari Padang

Bagikan berita
Kantor Pos Medan 1911, Semennya Tentu dari Padang
Kantor Pos Medan 1911, Semennya Tentu dari Padang

Pos Bloc

Kantor Pos Medan pada 2024 sudah berusia 113 tahun. Dua tahun sebelumnya, cagar budaya tersebut dikelola lebih baik dan dikenal sebagai Pos Bloc. Berdiri gagah di Jalan Pos nomor Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, dekat dari Balaikota. Dekat pula ada alun-alun Lapangan Merdeka yang dipermak tapi sudah beberapa tahun tak siap-siap juga. Lapangan ini doeloe bernama Esplanade. Di sinilah titik nol kota Medan, di kota inilah Rasuna Said mendirikan suratkabar Menara Poetri di zaman sebelum kemerdekaan.

Lalulintas di jalan bersimpang ini, ramai. Bangunan-banguan hebat berdiri di sekitar pos ini. Di sanalah sebuah “kejutan” dibuat manajemen pos, yaitu Pos Bloc meniru di beberapa koya seperti Jakarta dan Yogyakarta.

Inilah lokasi untuk UMKM dan kreativitas anak-anak Medan. Singkatnya jadi gedung multifungsi yang ramai siang-malam. Pejabat Pos menyebut sebagai rumah kreatif. Di Pos Bloc ada kuliner, musik, film, fashion dan banyak lagi. Apalagi nongkrong dan segelas kopi dengan varian-variannya.

Kantor Pos bersejarah ini, sepanjang siang dan malam seperti dapat tugas mencatat sejarah perkembangan Kota Medan. Tapi tak ada yang mencatat, berapa batu, besi, semen yang habis untuk membuat bangunan itu. Untung ada catatan pengiman semen yang dibuat oleh NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij atau sekarang PT Semen Padang.

Begitu benarlah, lama juga saya tak ke Medan. Sekali ke sana, tak lupa makan durian hehe.(khairul jasmi)

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini