Dua Tim Inovasi SHE Semen Padang Raih Prestasi di Ajang ICC-OSH 2024

×

Dua Tim Inovasi SHE Semen Padang Raih Prestasi di Ajang ICC-OSH 2024

Bagikan berita
Dua tim Safety Health Environment (SHE) PT Semen Padang menyabet prestasi, Four Star dan Three Star di ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety & Health (ICC-OSH) 2024
Dua tim Safety Health Environment (SHE) PT Semen Padang menyabet prestasi, Four Star dan Three Star di ajang Indonesian Conference & Competition Occupational Safety & Health (ICC-OSH) 2024

Kemudian untuk tim Increase, menampilkan inovasinya dengan judul "Paradigma Baru Medical Check Up PT Semen Padang: Optimalisasi sistem manajemen untuk meningkatkan kesehatan karyawan dan efisiensi biaya melalui pelaksanaan MCU yang terkoordinasi, sistem informasi terintegrasi dan Fasilitas MCU onsite".

Tim ini beranggotakan Kiki Warlansyah dari Unit Operasional SDM, dr. Andy Riva Dana yang merupakan Dokter Perusahaan, dan tiga orang staf SHE yaitu, Neneng Oktafia, Fernanda Eka Putra, dan Fiona Indriani.

Dokter Andy Riva Dana mengatakan dalam menghadapi era 5.0 saat ini, digitalisasi pada semua aspek dan pemanfaatan big data yang terekam secara digital menjadi penting agar kita tidak ketinggalan. Dengan cara itu bisa memberikan manfaat yang besar khususnya pada pengelolaan kesehatan kerja.

Sebagai praktisi kesehatan kerja, dia yakin bahwa memanfaatkan kemajuan teknologi adalah salah satu kunci dalam mengendalikan kesehatan karyawan dan memprediksi kejadian penyakit di masa depan. Apalagi data ILO menyatakan bahwa jumlah kematian pekerja yang disebabkan penyakit akibat kerja secara real sebenarnya lebih besar dari pada angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan akibat kerja.

Ajang inovasi ICC-OSH merupakan ajang tahunan yang rutin digelar oleh Wahana Kendali Mutu dan Lembaga Pengembangan SDM (LPSDM) Yayasan Primakarya (Yaprika) yang didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Persatuan Wredatama Prima Karya. Untuk tahun ini, ajang tersebut mengangkat tema "Penerapan Budaya K3 Berbasis Digitalisasi dan Perubahan Iklim (Climate Change)". Ajang inovasi tentang K3 ini diikuti oleh 50 perusahaan BUMN/BUMD, swasta dan organisasi dengan 82 karya inovasi yang dikompetisikan.

Pada ajang ini, berbagai kegiatan seputar K3 juga digelar. Selain kompetisi inovasi, juga digelar diskusi panel, sharing best practice/great heroes dan Quiz Cepat Tepat Penerapan Norma K3L. Pada Quiz ini, perwakilan dari PT Semen Padang juga berhasil meraih Juara II.

Pada ajang ini, PT Semen Padang juga mengirim tiga orang wakilnya untuk mengikuti Quiz Cepat Tepat Norma K3, yaitu Fernanda Eka Putra, Neneng Oktavia dan lndra Mardeni Putra.(yose)

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini