Risiko Galbay Pinjol Julo Tahun 2024, Apakah Ada DC Lapangan dan Slik OJK?

×

Risiko Galbay Pinjol Julo Tahun 2024, Apakah Ada DC Lapangan dan Slik OJK?

Bagikan berita
Ilustrasi pinjol.
Ilustrasi pinjol.

"Sudah tertulis dalam aturan-aturan penagihan DC itu enggak boleh ada kekerasan, enggak boleh ada intimidasi dan lain sebagainya. Itu semuanya sudah ada diatur," katanya.

Oleh karena itu, sambung narator, debitur tidak perlu takut terkait penagihan Debt Collector karena masalah gagal bayar, atau telat bayar di aplikasi pinjaman online bagian dari permainan mental.

"Ini memang sengaja dimainkan oleh DC pinjol. Mereka sengaja memberikan kata-kata yang terdengar ambigu, atau bisa multitafsir sehingga debitur ketakutan," katanya.

Contohnya saja, DC mengancam blokir rekening bank Anda, blokir KTP, diblacklist data pribadi Anda, dan lain sebagainya.

"Ini sengaja dibikin sebuah kata-kata ambigu yang mana kalau diblacklist, diblokir. Ini hanya sekedar internal mereka bukan keseluruhan," katanya.

Hanya saja, lanjut narator, sebagian orang akan mengartikan bahwa KTP yang diblokir tidak bisa digunakan lagi untuk mengajukan kredit di perbankan.

"Enggak sampai sejauh itu. Itu adalah permainan kata-kata saja, jadi saya sarankan debitur tidak perlu diambil hak. Pelan-pelan saja diselesaikan," katanya.

Untuk membayar galbay pinjol, narator menyarakan, Anda menabung, kerja keras, dan prioritas utama adalah tetap di pekerjaan utama dan juga keluarga.

"Jadi teruslah aktivitas seperti biasa, berusahalah bukan untuk membayar utang tapi untuk memperbaiki

finansial kita agar menjadi lebih baik. Insyaallah nanti masalah utang bisa terselesaikan," katanya.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Fintech.ID
Bagikan

Berita Terkait
Terkini