Menuntun Generasi Muda Minang Menjadi Insan Global

×

Menuntun Generasi Muda Minang Menjadi Insan Global

Bagikan berita
Wakil Ketua Forum Komunikasi Minangkabau bersatu (FKMB) Banten, Remon Anwar
Wakil Ketua Forum Komunikasi Minangkabau bersatu (FKMB) Banten, Remon Anwar

PADANG - Rabu, 26 April 2018, Indonesia kembali menghasilkan Master Sistem Informasi Universiti Kebangsaan Malaysia. Dia adalah Rianti Rozalina, BSc (Hons) IT, M.IS. seorang anak desa asal Nagari Lubuk Jantan, Lintao Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Wakil Ketua Forum Komunikasi Minangkabau bersatu (FKMB) Banten, Remon Anwar, bercerita satu masa di pertengahan tahun 2010, saat Surya Burhanuddin, bertugas sebagai Direktur PT Kumala Wandira yang tengah mengerjakan Proyek Bendung Irigasi Batang Sinamar di Nagari Lubuk Jantan, Lintao Buo, Tanah Datar, terfikir untuk membantu desa ini dengan menyekolahkan program sarjana satu anak setempat ke luar negeri.

Atas persetujuan Bapak Firdaus Hb, Dirut PT Kumala Wandira yang bersedia menjadi Co Sponsor, dan melalui bantuan Wali Nagari Bapak Imran Rusli, terpilihlah Rianti Rozalina yang baru tamat dari SMA Negeri 1 Lintao Buo, anak seorang pekerja bangunan.

Dengan dukungan dan restu dari berbagai pihak termasuk Bapak. Prof. Dr. Fasli Jalal, Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI, maka pada Oktober 2010, ananda Rianti Rozalina berangkat bersama beberapa pelajar lainnya sebagai Duta Pelajar Indonesia utk kuliah Program Sarjana di Al-Bukhary International University di Alor Setar, Kedah Darul Aman, Malaysia.

Setelah selesai Foundation Program di Al-Bukhary University kemudian menyelesaikan Program Sarjana, maka pada 14 November 2015 Rianti Rozalina anak tukang bangunan, dinyatakan lulus Sarjana Information Technology dari Asia Pacific University dan wisuda bersama Mega Ridha Puspita anak tukang jahit dari Ampek Angkek Sumbar, Novha Husni Nawawi anak supir dari Palembang, Wahyu Setiabudi anak tukang gali dari Palembang dan Serina Asroel anak piatu dari Magek Kamang Sumbar.

"Memperoleh predikat Sarjana ternyata melahirkan mimpi baru untuk melanjutkan pendidikan ke Program Master dan atas dukungan swadana keluarga, Rianti Rozalina melanjutkan pendidikan ke Program Master di Universiti Kebangsaan Malaysia," kata Remon Anwar.

Waktu berjalan begitu cepat, 8 tahun setelah meninggalkan kampung halaman setamat SMA, Rianti Rozalina anak desa dari Nagari Lubuk Jantan ini, kini menyandang predikat sebagai:

Sarjana Information Technology dari Asia Pacific University Malaysia dan Master Information System dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

"Semoga ilmu dibidang sistim dan informasi teknologi yang ditimba ananda Rianti Rozalina di universitas di luar negeri, dan amat sangat diperlukan di era perkembangan teknologi informasi dunia saat ini, mendapat tempat untuk pengabdian nanti di tanah air tercinta," pungkas Remon. (*)

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini