PIK-R Basmoker Gelar Latihan Tari Tradisional

×

PIK-R Basmoker Gelar Latihan Tari Tradisional

Bagikan berita
PIK-R Basmoker Gelar Latihan Tari Tradisional
PIK-R Basmoker Gelar Latihan Tari Tradisional

PADANG - Pusat Informasi dan Konseling Remaja Banuaran Sehat Modern Kreatif (PIK-R Basmoker) gelar latihan tari tradisional pada Minggu (30/6).

Latihan berlangsung di Sekretariat Yayasan Berkah Amal Salih (yBAS), Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Instruktur tari, Suwarni mengatakan ini merupakan kelanjutan latihan yang telah pernah dilakukan sebelumnya. Namun, saat itu belum terprogram. Hanya, sekedar untuk menyalurkan bakat para generasi muda yang diundang di Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih.

"Latihan tari ini, merupakan salah satu program PIK-R Basmoker yang telah diluncurkan Camat Lubuk Begalung, Pak Andi Amir beberapa waktu lalu. Pengelolaan nantinya langsung dilakukan oleh para generasi muda yang tergabung di PIK-R Mokerbas. Kita hanya sekedar mengarahkan," ujar Suwarni, yang juga Sekretaris TP PKK Kelurahan Banuaran Nan XX ini, didampingi Zetri Murni dan Cica Susanti.

Zetri Murni yang juga Ketua Yayasan Berkah Amal Salih (yBAS) ini mengungkapkan beberapa pakaian tari juga sudah tersedia. Walaupun itu masih belum memadai.

"Salah satu lembaga pendidikan menyumbangkan pakaian tari pada kita. Walau masih belum memadai, untuk sementara bisa kita manfaatkan," ujar Zetri Murni yang juga Ketua Pokja IV TP PKK Banuaran Nan XX ini.

Instruktur lainnya, Cica Susanti menambahkan untuk tahap awal, sudah ada 8 remaja yang ikut latihan tari tradisional ini. Dia katakan beberapa remaja yang lain juga sudah menyatakan keinginannya.

"Untuk tahap awal ini mereka yang sudah latihan adalah Aulia, Pelajar SMAN 6 Padang, Sabila tamatan MTs STI Lubuk Begalung dan Zara tamatan SMP 9 Padang. Juga ikut, Chayara SMAN 4 Padang, Viola SMA Kartika, Amanda tamatan SMA, Valen SMPN 17 Padang dan Iresa SMA Pertiwi 2 Padang. Kita latihan setiap Minggu dan Rabu pukul 16.00 wib," ujar Cica Susanti yang juga Ketua Pokja III TP PKK Banuaran Nan XX ini.

Sementara, Pembina Yayasan Berkah Amal Salih (yBAS) yang juga Pembina PIK-R Mokerbas, Saribulih berharap dengan adanya latihan tari tradisional ini akan mampu menggali talenta di Kecamatan Lubuk Begalung ini.

Saribulih yang didaulat oleh Walikota Padang sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) ini menegaskan PIK-R adalah wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja. Guna memberikan pelayanan informasi dan konseling, kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini