Sudah Galbay Pinjol 1 Tahun Tiba-tiba Ada DC ke Rumah, Hadapi dengan Cara Ini!

×

Sudah Galbay Pinjol 1 Tahun Tiba-tiba Ada DC ke Rumah, Hadapi dengan Cara Ini!

Bagikan berita
Ilustrasi
Ilustrasi

SINGGALANG - Sudah galbay pinjol 1 tahun tiba-tiba ada DC ke rumah, loh kok bisa sih? Begini solusinya bagi Anda yang masih gagal bayar.

Bagi Anda yang masih melakukan galbay di aplikasi pinjaman online seperti Akulaku, Kredivo, Shopee Paylater, atau yang lainnya selama 1 tahun lebih tapi tiba-tiba Debt Colllector datang menagih pasti Anda akan bertanya-tanya, kok bisa ya?.

Melansir dari kanal YouTube Bang Tri berjudul "Udah Galbay 1 Tahun Tiba-tiba Ada DC ke Rumah Usir Saja, Penagihan Pinjol Online yang Menyalahi Aturan" pada Senin, 1 Juli 2024.

Berikut cara menghadapi DC yang tiba-tiba datang ke rumah nasabah:

1. Langsung tolak

Penagihan Debt Collector pinjaman online itu tidak terbatas waktu bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau lebih.

Data Anda ini masuk ke Debt Collector yang lama sehingga kemungkinan tidak terdeteksi dengan baik. Maka itu ada DC tiba-tiba datang menagih ke rumah padahal sudah galbay 1 tahun lebih.

Kendati demikian, OJK sudah mengatur tentang penagihan Debt Collector bahwa tidak boleh menagih setelah 90 hari.

Dalam aturan tertulis dalam Lampiran II SK Pengurus AFPI 02/2020 poin c angka 3 huruf (d), disebutkan ada batasan waktu dalam menagih utang pinjaman kepada debitur.

Bunyinya, setiap penyelenggara tidak diperbolehkan melakukan penagihan secara langsung kepada penerima pinjaman gagal bayar setelah melewati batas keterlambatan lebih dari 90 hari dihitung dari tanggal jatuh tempo pinjaman.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Bang Tri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini