Menko Polhukam Ungkap Penyebab PDNS Diretas, Ternyata...

×

Menko Polhukam Ungkap Penyebab PDNS Diretas, Ternyata...

Bagikan berita
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. (Foto: JPNN)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. (Foto: JPNN)

SINGGALANG - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto ungkap penyebab PDNS Diteras, Pemerintah akan awasi pengguna password di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Dalam perkembangan kasus PDNS yang dibobol, Menkopolhukam mengungkap, salah satu penyebab PDNS 2 diretas.

Menurut Hadi, dari hasil forensik digital ada penggunaan kata sandi, atau password yang terdeteksi dari salah satu user di PDNS yang berada di Surabaya.

"Kita meminta seluruh user, atau pengguna pusat data nasional agar bijak dalam menggunakan password," katanya dilansir dari YouTube METRO TV, Selasa, 2 Juli 2024.

Hadi menegaskan, pemerintah akan mengawasi seluruh tenan melalui BSSN. Lebih lanjut, ia sudah mengetahui siapa user yang sudah menggunakan password secara sembarangan melalui hasil forensik digital.

"Kita juga menghimbau kepada user nanti akan kita berikan satu edaran agar penggunaan password oleh para user ini juga harus tetap hati-hati, tidak sembarangan, dan akan dimonitor oleh BSSN, dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa siapa user yang selalu menggunakan password-nya, dan akhirnya terjadi permasalahan-permasalahan yang sangat serius ini," katanya.

Oleh sebab itu, kata Hadi, penegakan hukum oleh BSSN nantinya, oleh aparat itu bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. (*)

Editor : RC 014
Sumber : YouTube METRO TV
Bagikan

Berita Terkait
Terkini