Arus Politik Lokal Putar Arah, Cagub Otewe Kian di Depan

×

Arus Politik Lokal Putar Arah, Cagub Otewe Kian di Depan

Bagikan berita
Cagub Sumbar Epiyardi Asda. (ist)
Cagub Sumbar Epiyardi Asda. (ist)

PADANG - Konstelasi politik di Pemilihan Gubernur Sumatera Barat semakin mengarah ke dua calon. Ini disebabkan calon banyak yang manggau. Kini hanya tinggal dua, Mahyeldi dan Epiyardi Asda.

Saat ini, Epyardi masih menjadi satu-satunya kandidat penantang serius bagi Gubernur Mahyeldi. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN tersebut telah mendaftarkan diri ke sejumlah parpol peraih suara terbanyak di Sumbar, seperti Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra.

“Jika dua yang maju, itu adu gerobak, tak perlu survei-survei, bakaja barang ko (saling berkejar, red). Mahyeldi hanya punya suara paling tinggi, sepadat-padat karung, hanya 33 sampai 36 persen,” kata tokoh PAN Sumbar, Novermal Yuska, Kamis (4/7/2024).

Menurut Novermal, Epyardi yang kini di masyarakat banyak dikenal dengan sebutan Pak Otewe itu, juga sudah memiliki angka elektabilitas di atas 20 persen.

"Survei terbaru dari Integral, kita 27 persen. Sedikit lagi terkejar itu petahana. Apalagi nanti sudah pasti partai pendukung dan calon wakil. Melejit kita di depan," sebut anggota DPRD Pesisir Selatan itu.

Pada hakekatnya Sumbar membutuhkan pemimpin yang tegas dan mau mendengar masukan dari berbagai elemen.

"Di Jakarta kemaren, Ketum (Zulkifli Hasan-red), berpesan, kita harus tetap semangat maju di pilkada. Soal koalisi besar sudah dibicarakan di tingkat pusat. Di tingkat daerah, komunikasi juga baik. Parpol-parpol besar solid dukung kita," ungkap Bupati Solok itu.

Otewe mau?

“Namuah bana (mau sekali), percaya pada saya,” kata Epiyardi pula.

“Tungkus, kajai dua,”sambut Novermal pula. (benk)

Editor : MELDA RIANI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini