Pinjam Uang Puluhan Juta di Pegadaian Tapi Cicilan Rp400 Ribuan, Benarkah?

×

Pinjam Uang Puluhan Juta di Pegadaian Tapi Cicilan Rp400 Ribuan, Benarkah?

Bagikan berita
Ilustrasi Pinjaman Usaha Ultra Mikro Pegadaian (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi Pinjaman Usaha Ultra Mikro Pegadaian (foto: Ideogram AI)

Simulasi Pinjaman Usaha Ultra Mikro Pegadaian

Simulasi Pinjaman Usaha Ultra Mikro Pegadaian yang pengajuan plafon maksimal Rp10 juta dan tenor terpanjang 3 tahun ini, diperhitungkan berdasarkan akumulasi dari situs Simulasi Kredit dengan aturan bunga 1,25%.

Artinya, jika pengajuan calon debitur sama dengan aturan di atas, maka nominal bayar cicilan per bulan sekitar Rp402.777 tapi syaratnya harus bergaji atau punya penghasilan bulanan Rp1.150.793 dulu ya.

Karena aturan bayar cicilan bulanan sebaiknya 35-40% dari gaji, atau alur kas keuangan calon debitur akan kacau yang mengakibatkan kesusah dalam pelunasan hingga resiko Galbay (Gagal Bayar).

Tentu saja, pihak Pegadaian tidak akan membiarkan ada debitur yang Galbay. Maka sebisa mungkin sebelum pengajuan diterima, akan ada evaluasi menyeluruh dari segala aspek keuangan terkait.

Maksudnya begini, selain diperiksa terkait kemampuan bayar calon debitur dari nominal gaji bulanan, akan ada pengecekan Slik OJK dan BI Checking. Terakhir, pahami aturan bayar administrasi ya. Berikut rinciannya;

  • Administrasi 1% = Rp100.000
  • Plafon Rp10 juta
  • Tenor 3 tahun
  • Bunga 1,25% per bulan
  • Cicilan bulanan Rp402.777.

Dari rincian simulasi di atas, akan diperoleh Total pengembalian Rp402.777 x 36 = Rp14.499.972 Administrasi Rp100.000 = Rp14.599.972an saja. Jika setujua dengan nominal tersebut, langsung saja mulai proses pengajuan.

Tahapan Pengajuan Pinjaman Usaha Ultra Mikro Pegadaian

Terakhir, sebagai Tahapan Pengajuan Pinjaman Usaha Express Loan Pegadaian bisa dilakukan dengan mendatangi gerai Pegadaian terdekat dari lokasi rumah dan memenuhi segala persyaratan.

Sampaikan maksud dan tujuan ingin lakukan pinjaman, kemudian penuhi segala persyaratan terkait hingga tunggu proses verifikasi dari pihak Pegadaian sampai metode pencairan selesai.

Itulah informasi terkait jenis pinjaman Usaha Ultra Mikro Pegadaian plafon Rp10 Juta tenor 3 tahun beserta simulasi cicilan secara rinci beserta tahapan pengajuan, berdasarkan rangkuman Singgalang di artikel ini. (*)

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini