Simulasi dan Tabel Cicilan Pinjaman BRI Rp500 Juta Buat Pensiunan

×

Simulasi dan Tabel Cicilan Pinjaman BRI Rp500 Juta Buat Pensiunan

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman BRI Briguna Purna buat pensiun (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman BRI Briguna Purna buat pensiun (foto: Ideogram AI)

SINGGALANG - Simak simulasi dan tabel angsuran pinjaman Bank Rakyat Indonesia (BRI) jenis Briguna Purna, khusus buat pensiunan.

Dimana ada aturan pembayaran bunga yang dilansir dari artikel Suara yang sesuai jangka waktu pelunasan (tenor), di bawah ini.

  • Tenor 1-2 tahun: bunga 13% per tahun
  • Tenorn 2-5 tahun: bunga 13,5% per tahun.

Maka berdasarkan aturan pembayaran cicilan bunga di atas, bisa diketahui akumulasi dan tabel angsurannya sesuai perhitungan situs Simulasi Kredit.

Sebelum itu, ketahui dulu beberapa aturan pinjaman Briguna Purna BRI yaitu calon debitur harus pelunasan maksimal sampai usia 75 tahun.

Sementara, terkait nominal pinjaman (plafon) yang ditetapkan paling banyak adalah Rp500 juta meski pembiayaan yang diperoleh hanya 87,5% dari THP.

THP adalah Take Home Pay yaitu berupa gaji pokok tunjangan bonus pensiun bagi seorang karyawan yang akan pensiun, sebagai bentuk pengabdian mereka selama ini.

Simulasi Pinjaman Briguna Purna Pensiun

Misalnya, calon debitur yang akan pensiun menerima THP sebanyak total Rp250 juta. Maka 87,5% x Rp250 juta = Rp218.750.000 adalah besaran Plafon pengajuan dan yang mungkin diterima oleh BRI.

Beda lagi misalnya, THP calon pensiunan sampai Miliaran rupiah. Maka, plafon yang diberikan Briguna Purna BRI hanya sampai batas maksimal yaitu Rp500 juta saja.

Nah, untuk simulasi pembayaran cicilan bulanan didasarkan pada perhitungan tenor sampai 5 tahun saja agar memperoleh nominal pembayaran bunga bulanan yang bersifat tetap.

Misalnya jika calon debitur memilih plafon Rp100 juta, maka akumulasi total cicilan per bulan berdasarkan tenor yaitu sesuai beberapa penjabaran poin terlampir di bawah ini.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini