Jaga Iklim Usaha, Pertashop Sumbar Bersatu Apresiasi Pertamina

×

Jaga Iklim Usaha, Pertashop Sumbar Bersatu Apresiasi Pertamina

Bagikan berita
Jaga Iklim Usaha, Pertashop Sumbar Bersatu Apresiasi Pertamina
Jaga Iklim Usaha, Pertashop Sumbar Bersatu Apresiasi Pertamina

Padang- Pertashop Sumbar Bersatu (PSB) mengaku optimis, iklim usaha di sektor minyak skala kecil tersebut akan terus membaik dan berkembang. Sekalipun disparitas harga subsidi dan non subsidi masih terpaut tinggi.

“Apalagi, kan sudah ada program sinergitas BUMN yang digagas Pertamina Sumbar dan didorong Pertamina Patra Niaga Sumbagut serta Pusat,” kata Ketua Dewan Pembina Pertashop Sumbar Bersatu, Muhammad Bayu Vesky dan Ketua PSB Ramadanur, Minggu (7/7/2024) di Padang.

Menurut mereka, ikhtiar panjang yang dilakukan Pertamina Patra Niaga, menjadi bukti jika operator penyalur energi ke pelosok negeri tersebut, tidak sia-sia membina mitra.

“Kalaupun ada sejumlah teman-teman pelaku usaha pertashop di Tanah Air yang mengeluhkan penjualan minim hari ini, ini kami duga karena kurang kreatif saja. Kalau tak begitu laku minyak, ya kita jual produk BUMN lain. Wadahnya kan sudah ada,” kata Bayu Vesky dan Ramadanur.

Hanya saja, sinergitas BUMN ini yang mesti dipastikan berjalan. “Jangan sampai, Pertamina Patra Niaga sudah membuka kran, justru BUMN lain yang tidak siap memasok produknya. Atau menjual produk lebih tinggi dari grosiran sekitar pertashop. Ini kami temukan sejumlah kasus. Seperti di Bulog dan Pupuk Indonesia,” jelasnya.

Pasca banyaknya keluhan penurunan penjualan Pertashop, Pertamina Patra Niaga menurut Pertashop Sumbar Bersatu, ternyata sudah berkirim surat ke BPH Migas jauh hari. Targetnya, Pertashop menjual BBM bersubsidi jenis Pertalite.

“Ini kan mesti dikawal di BPH nya. Jangan di bolak balik lagi. Ada di beberapa daerah, mau bolak balik itu (mempertanyakan,-red) ke Pertamina. Kacau ini barang, kalau nanya ya ke BPH. Semua regulasi di sana,” sesal Bayu Vesky.

Di Sumbar sendiri, jauh hari Asosiasi pernah bertanya langsung kepada mitra Pertashop perihal menjual produk subsidi. “Harus siap juga diaudit. Harus disiapkan pula sarana prasarananya. Ternyata peminatnya sedikit, tidak beberapa saja dari ratusan jumlah Pertashop,” urai Bayu dan Ramadanur.

Pihaknya memastikan, Pertashop Sumbar Bersatu sejauh inj juga melakukan komunikasi dengan Pertamina Patra Niaga Sumbar perihal harapan adanya Pangkalan gas LPG subsidi.

“Sekarang kan sudah ada mekanisme validasi. Karena perlu install merchant apps utk pencatatan NIK. Ya kalau kami di Sumbar ndk mau ribet, mana yang minat ya kita ajukan saja,” sambung Bayu Vesky dan Ramadanur.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini