Bunga KUR BRI 2024 Ada yang 3 Persen Setahun, Simak Aturan Lainnya

×

Bunga KUR BRI 2024 Ada yang 3 Persen Setahun, Simak Aturan Lainnya

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman KUR BRI 2024 (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman KUR BRI 2024 (foto: Ideogram AI)

SINGGALANG - Pada aturan terbaru Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI), ada ketetapan bayar bunga cicilan bulanan 3% setahun.

Yaitu jenis KUR Super Mikro yang nominal pengajuan (plafon) maksimalnya hanya Rp10 juta, sementara KUR Mikro dan KUR Kecil juga ada aturan lain.

Dimana sebelumnya, besaran cicilan bunga per tahun sama yaitu 6%. Tapi sekarang, KUR Mikro dan Kecil besaran cicilan bunga nya antara 6-9% per tahun.

Aturan yang masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya KUR TKI dengan bunga 6% per tahun. Sementara, terkait biaya administrasi dan provisi juga masih gratis.

Bunga KUR BRI 2024

Melansir pemberitaan Tempo pada Juni 2024, bunga 6% per tahun bagi KUR Mikro dan KUR Kecil hanya diperoleh bagi calon debitur yang pertama kali pengajuan pinjaman.

Kalau sudah 2 kali pengajuan, bunga cicilan per tahunnya naik jadi 7% serta kali ketiga 8% dan seterusnya sampai penjatahan limit per calon debitur habis atau sesuai ketentuan.

Jadi, setiap calon debitur yang pengajuan KUR mendapat limit tertentu sebagai batas pengajuan misal di angka Rp200 juta. Maka jika di tahun pertama sudah pilih plafon Rp50 juta, tahun berikutnya sisa Rp150 juta lagi.

Limit tersebut bisa dihabiskan langsung saat pengajuan atau sesuai kemampuan bayar calon debitur, karena nanti akan ada peninjauan lebih lanjut terkait penghasilan bulanan serta cek riwayat kredit.

Syarat dan Ketentuan KUR BRI 2024

Terkait syarat dan ketentuan KUR BRI 2024 juga tidak ada perubahan yaitu sama seperti sebelumnya. Baik produk Super Mikro, Mikro serta KUR Kecil hingga KUR TKI dengan beberapa aturan berikut.

1. Lampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU/NIB/OSS)

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini