Bunga KUR BRI 2024 Ada yang 3 Persen Setahun, Simak Aturan Lainnya

×

Bunga KUR BRI 2024 Ada yang 3 Persen Setahun, Simak Aturan Lainnya

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman KUR BRI 2024 (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman KUR BRI 2024 (foto: Ideogram AI)

2. Punya usaha lebih dari 6 bulan

Tapi, KUR Super Mikro maksimal plafon Rp10 juta memberi pengecualian buat pelaku UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) yang bisnisnya belum sampai 6 bulan harus mengikuti pelatihan kewiraswastaan yang layak.

Beda dengan KUR Mikro maksimal plafon Rp50 Juta dan KUR Kecil maksimal plafon Rp500 juta yang harus punya usaha lebih dari 6 bulan, calon debiturnya juga tidak diperbolehkan sedang menerima pembiayaan kredit konsumtif lain seperti KPR misalnya.

3. Pilih jangka waktu pelunasan (tenor) Kredit Modal Kerja (KMK) 3 tahun atau Kredit Investasi (KI) 5 tahun

4. Lampiran lainnya berupa KTP, KK dan IUMK (Ijin Usaha Mikro dan Kecil) bagi KUR Mikro dan Kecil

5. Aturan KUR TKI.

Sementara untuk aturan KUR TKI hanya dibatasi plafon Rp25 juta, jika calon debitur akan bekerja 3 tahun di luar negeri. Lampirkan KTP, KK dan perjanjian kerja serta penempatan hingga passport & visa. Berikut daftar negaranya;

  • Singapura
  • Hong Kong
  • Taiwan
  • Brunei
  • Jepang
  • Korea Selatan
  • Malaysia.

Aturan Baru KUR BRI 2024

Dapat disimpulkan, terkait beberapa aturan baru KUR BRI 2024 dari produk pinjaman yang ditawarkan sesuai pembayaran cicilan bunga tahunannya yaitu sebagai berikut.

KUR BRI Super Mikro: Maksimal plafpn Rp10 juta tenor 3-5 tahun dan bunga 3% setahun, bisa usaha kurang dari 6 bulan asal bersedia ikut pelatihan kewiraswastaan.

KUR BRI Mikro: Maksimal plafon Rp50 juta tenor 3-5 tahun dan bunga 6-9% setahun, harus punya usaha lebih dari 6 bulan. Pengajuan debitur baru bunga 6%, pengajuan kedua 7% setahun dan seterusnya.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini