Cicilan Perbulan KUR BRI Ini Cuma Rp95 Ribu, Begini Simulasi Rinciannya

×

Cicilan Perbulan KUR BRI Ini Cuma Rp95 Ribu, Begini Simulasi Rinciannya

Bagikan berita
Ilustrasi KUR BRI Super Mikro (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi KUR BRI Super Mikro (foto: Ideogram AI)

SINGGALANG - Ada salah satu jenis cicilan per bulan dari produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI (Bank Rakyat Indonesia), cuma Rp95 ribuan.

Produknya yaitu KUR Super Mikro BRI yang tawarkan bunga cicilan tahunan hanya 3% setahun, sesuai aturan baru dari pemerintah pada 2024.

Seperti yang diketahui, pinjaman bank jenis KUR ini ada 4 tipe. Pertama, Super Mikro dengan nominal pengajuan (plafon) terbesar Rp10 jutaan.

Kedua KUR Mikro dengan plafon paling tinggi antara Rp50-100 juta (tergantung Bank penyalur kalau di BRI maksimal Rp50 juta), ketiga KUR Mikro.

Plafon KUR Mikro pada masing-masing bank penyalur juga beda-beda, ada yang antara Rp100-500 juta. Kalau di BRI mulai dari Rp50-500 jutaan.

Keempat, KUR TKI plafon Rp25 juta sebagai salah satu jenis pinjaman bank yang aturan terbarunya tidak ada mengalami perubahan sejak artikel ini tayang.

Namun pada tulisan ini, hanya akan dibahas informasi terkait KUR BRI Super Mikro saja. Mulai dari syarat dan ketentuan pengajuan, hingga simulasi cicilannya.

Syarat dan Ketentuan KUR Super Mikro BRI

Secara garis besar, terkait syarat dan ketentuan berupa dokumen yang harus disiapkans sebelum pengajuan pinjaman KUR Super Mikro BRI ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Yang membedakannya, adalah calon debitur yang memilikir usaha kurang dari 6 bulan dapat kesempatan pinjaman dengan aturan harus bersedia mengikuti pelatihan kewiraswastaan terkait.

Selain itu, aturan pembayaran bunga tahunan juga berbeda dari 6% setahun menjadi 3% setahun. Sementara soal tenor (jangka waktu pelunasan) dan plafon, serta aturan lain masih sama seperti sebelumnya.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini