Daftar Bank Penyalur KUR 2024 Bunga 3 Persen Pertahun, Ini Simulasinya!

×

Daftar Bank Penyalur KUR 2024 Bunga 3 Persen Pertahun, Ini Simulasinya!

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman Bank KUR Super Mikro BRI dan Mandiri (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman Bank KUR Super Mikro BRI dan Mandiri (foto: Ideogram AI)

Begitu pula dengan KUR Kecil dengan maksimal plafon Rp500 juta, aturannya sama dengan KUR Mikro. Sehingga, kebijakan ini sangat membantu pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang baru merintis.

Bahkan KUR Super Mikro juga menetapkan kebijakan baru, yaitu pelaku usaha yang bisnisnya belum sampai 6 bulan berjalan tetap bisa pengajuan pinjaman, selama bersedia ikut pelatihan kewiraswastaan.

Daftar Bank Penyalur KUR 2024 Bunga 3% per tahun

1. KUR Super Mikro BRI

Daftar pertama sebagai bank penyalur KUR 2024 dengan penawaran bunga cicilan 3% per tahun yaitu KUR Super Mikro BRI, yang bahkan aturan periode bisnis boleh kurang dari 6 bulan asal UMKM bersedia ikut pelatihan.

2. KUR Super Mikro Mandiri

Kedua, KUR Super Mikro Mandiri juga menetapkan aturan yang sama seperti KUR Super Mikro BRI. Bahkan, pengajuan pinjaman tidak diberlakukan jaminan tambahan, kecuali objek yang akan dibiayai terkait.

Simulasi Pengajuan Pinjaman KUR Super Mikro

Simulasinya begini, misal calon debitur pengajuan plafon Rp10 juta dengan tenor 5 tahun. Maka, total cicilan per bulannya sekitar Rp191.666 yang harus dibayar sebanyak 60 kali.

Misalnya ingin plafon lebih rendah, anggap saja Rp5 juta. Nah, calon debitur bisa pilih nominal bayar cicilan di bawah ini sesuai keinginan tenor berapa tahun.

  • Setahun Rp429.167
  • 2 tahun Rp220.833
  • 3 tahun Rp151.389
  • 4 tahun Rp116.667
  • 5 tahun Rp95.833.

Baik KUR Super Mikro Mandiri dan BRI, sama-sama cocok dijadikan opsi pinjaman bank bagi pelaku UMKM yang baru merintis dan belum banyak pengalaman berbisnis. Apalagi, juga ada ospi ikut pelatihan.

Program ini diharapkan, agar semakin banyak warga yang membuka usaha dan melebarkan keberhasilan berbisnisnya. Sehingga, langkah ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan menaikkan status Indonesia jadi negara maju.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini