Labor Adalah Komponen Penting dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

×

Labor Adalah Komponen Penting dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Bagikan berita
Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi (tengah) mewakili Gubernur Sumbar membuka Rakernas II Aslabkesda di Padang, Rabu (10/7).ist
Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi (tengah) mewakili Gubernur Sumbar membuka Rakernas II Aslabkesda di Padang, Rabu (10/7).ist

"Dengan dimikian keberadaan labkesmas ini menjadi penentu dalam derajat kesehatan yang maksimal,"ulasnya.

Dengan adanya Rakernas Aslabkesda diharapkan menghasilkan keputusan yang strategis untuk mendukung kemajuan Labkesda. Keuputusan sidang dapat menjadi dasar dan pedoman mengakselerasi Labkesmsa, dapat meningkatkan pelayaan pada masyarakat terutama bidang Labkesmas.

Ketua Pengurus Pusat Aslabkesmas Edra Muryanto dalam kesempatan itu mengatakan KLB Covid-19 harus menjadi pelajaran besar. Jangan sia-siakan peritiwa covid-19 dalam pengelolaan labor kesehatan daerah.

"Covid-19 harusnya menjadikan Labkesda yang handal, bertranformasi dalam mencapai ketahanan kesehatan dengan mengacu pada 6 pilar kesehatan. Terutama transformasi layanan primer,"ujarnya.

Ketua Panitia Rakernas Aslabkesda, Iskandar mengatakan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 191 peserta. Terdiri dari 102 labkesda, dan sisanya undangan lainnya. Kegiatan itu berlangsung selama 5 hari dari 10 Juli hingga 14 Juli 2024.

Kegiatan itu bertujuan menilai pelaksanaan program kerja amanat Munas, menyusun rencana strategis dan rencana kerja Aslabkesda. Membahas isu-isu yang dianggap penting tentang program pembangunan kesehatan untuk dijadikan rekomendasi kepada pengambil kebijakan.

"Selain itu juga bertujuan melaksanakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk kemajuan Labkesda. Memperkuat persatuan dan kesatuan serta solidaritas antar Labkesda seluruh Indonesia,"ujarnya.

Sekadar informasi, Aslabkesda Indonesia merupakan perkumpulan Laboratorium Kesehatan Daerah se Indonesia yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk meningkatkan layanan laboratorium yang lebih baik dan berkelanjutan.

Seiring perubahan dan tuntutan masyarakat serta regulasi yang mengatur dan otonomi daerah, Laboratorium Kesehatan Daerah milik pemerintah mengalami banyak perubahan dan variasi dalam kegiatan dan pengorganisasiannya. Agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat secara seragam dan merata di seluruh wilayah Indonesia para Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah kemudian bersepakat membentuk Aslabkesda Indonesia.(yose)

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini