Rincian Bunga Cicilan Pembelian KPR BCA 2024 Sesuai Tenor, Simak Tahapannya!

×

Rincian Bunga Cicilan Pembelian KPR BCA 2024 Sesuai Tenor, Simak Tahapannya!

Bagikan berita
Ilustrasi KPR BCA beserta rincian bunga (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi KPR BCA beserta rincian bunga (foto: Ideogram AI)

Agar lebih dapat memahami keseluruhan penjelasannya, memang ada baiknya calon debitur datang ke Bank BCA terdekat karena menghubungi via sosmed atau pun telfon sekali pun tidak akan dapat detail rincian.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan KPR BCA

Terkait syarat dan ketentuan Pengajuan KPR BCA, tentu saja harus calon debitur yang punya penghasilan tetap dan berusia di atas 21 tahun. Besaran penghasilan, nantinya akan jadi peninjau harga rumah untuk dibeli.

Misalnya, calon debitur bergaji Rp5 juta sebulan dan ingin beli rumah dengan perhitungan cicilan di atas gaji bulanan. Ya tidak bisa, minimal Bank akan evaluasi cicilan 35-40% saja dari penghasilan.

Anggaplah dari gaji Rp5 juta sebulan tadi, maka besaran cicilan per bulan yang bisa dikeluarkan hanya Rp1.750.000. Maka, nanti pihak bank akan mencarikan rumah yang nominal cicilan per bulannya seharga segitu.

Simulasinya misal calon debitur pilih tenor 20 tahun, maka kemungkinan bisa dapat harga rumah ratusan hingga miliaran rupiah. Tentu saja ini hanya bersifat akumulasi semata, karena perubahan dari BCA bisa terjadi sewaktu-waktu.

Selain bayar cicilan pokok bulanan, ada pembiayaan lain-lain seperti administrasi, appraisal, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, notaris dan sebagainya. Berikut detail rinciannya:

  • Biaya Provisi : 1% dari plafon kredit
  • Biaya Administrasi : Rp500.000 s.d. Rp1.000.000
  • Biaya Appraisal : Rp1.100.000 s.d. Rp1.500.000
  • Biaya Pengikatan Agunan : sesuai tagihan notaris
  • Biaya Asuransi Jiwa : sesuai konfirmasi pihak asuransi
  • Biaya Asuransi Kerugian : sesuai hasil pemeriksaan bangunan
  • Denda : 0,2% per hari keterlambatan dari angsuran yang belum dibayarkan
  • Biaya Pelunasan dipercepat : sesuai ketentuan.

Tahapan Pengajuan KPR BCA 2024

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa BCA telah menyediakan bangunan untuk dibeli. Jadi, calon debitur hanya perlu datang ke Bank dan penuhi segala persyaratan serta simulasikan cicilan sesuai penghasilan bulanan.

Itulah informasi terkait Rincian Bunga Cicilan Pembelian KPR BCA 2024 Sesuai Tenor beserta Tahapan pengajuannya hingga syarat ketentuan lengkapnya, berdasarkan rangkuman Singgalang dari situs resmi BCA pada artikel ini. (*)

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini