Cicilan Bulanan KUR BCA 2024 Ini Cuma Rp163 Ribu, Simak Simulasi Tabelnya

×

Cicilan Bulanan KUR BCA 2024 Ini Cuma Rp163 Ribu, Simak Simulasi Tabelnya

Bagikan berita
Ilustrasi KUR BCA 2024 (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi KUR BCA 2024 (foto: Ideogram AI)

SINGGALANG - Bank Central Asia (BCA) sebagai perusahaan swasta, juga menyediakan pendanaan berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat) tahun 2024.

Besaran cicilan pembayaran bunga bulanan antara 6-9% per tahun meski tidak dijelaskan rinciannya, sama seperti Bank Negeri lainnya.

Jika berkaca pada aturan Mandiri dan BRI misalnya, aturan pembayaran bunganya adalah 6% per tahun bagi calon debitur yang pertama mengajukan.

Berikutnya jika pengajuan kedua, bunga cicilan bulanan adalah 7% per tahun. Pengajuan ketiga 8% per tahun, hingga yang keempat 9% sampai limit habis.

Karena situs resmi BCA tidak memuat aturan rinci tersebut, maka pada artikel ini akan pakai ketentuan secara umum dari Pemerintah saja seperti penjabaran di atas.

Simulasi KUR BCA Cicilan Rp163 Ribu

Sesuai judul tulisan ini, agar calon debitur peroleh kesempatan bayar cicilan cuma Rp163 ribu per bulan, harus mengajukan nominal (plafon) Rp5 juta sebagai pengajuan pertama.

Artinya, pembayaran bunga yang dipilih yaitu 6% setahun atau 0,5% per bulan. Nah, untuk plafon ini sebenarnya calon debitur bisa pilih juga sampai maksimal pendanaan Rp500 juta.

Tapi, tentunya jumlah penghasilan bulanan calon debitur akan menentukan besaran plafon yang dipilih. Karena bank tidak akan terima pengajuan, jika gaji lebih kecil dari cicilan.

Misalnya saja untuk cicilan Rp163 Ribu per bulan tadi, maka gaji calon debitur setidaknya harus 3 sampai 4 kali lipat dari angka tersebut agar dianggap mampu lunasi KUR BCA 2024.

Tabel Angsuran KUR BCA Rp5 Juta

Sesuai aturan bayar bunga cicilan berdasarkan keterangan di atas, maka jika calon debitur ingin dapatkan kesempatan nyicil Rp163 Ribu, harus pengajuan plafon Rp5 juta seperti foto berikut.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini