Kapal Pengangkut Logistik PSU DPD RI ke Mentawai Hilang Kontak

×

Kapal Pengangkut Logistik PSU DPD RI ke Mentawai Hilang Kontak

Bagikan berita
Kapal Pengangkut Logistik PSU DPD RI ke Mentawai Hilang Kontak
Kapal Pengangkut Logistik PSU DPD RI ke Mentawai Hilang Kontak

MENTAWAI - Kapal pengangkut logistik kebutuhan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI untuk Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengalami hilang komunikasi (lost contact) dengan KPU Mentawai.

Kapal tersebut telah tiba di Kecamatan Sikakap pada Kamis (11/7/2024) untuk mengantarkan logistik PSU DPD RI. Setelah itu, kapal melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pagai Selatan.

"Laporan PPK Pagai Selatan menyebutkan bahwa hingga Jumat malam, kapal tersebut masih belum sampai ke lokasi tujuannya, dan awak kapal tidak bisa dihubungi," ungkap Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, saat dihubungi.

Surya Efitrimen menyatakan bahwa KPU Sumbar telah berkoordinasi dengan Basarnas Padang terkait hilangnya kontak dengan kapal pengangkut logistik ini.

"Jumlah awak kapal yang membawa logistik untuk PPK Pagai Selatan masih menunggu informasi detailnya," tambah Surya Efitrimen.

Kapal tersebut mengangkut 12 kotak berisi logistik pemilu, termasuk surat suara, kotak suara, dan perlengkapan pencoblosan. Ketidaksampaian logistik PSU DPD ke Pagai Selatan mengakibatkan pencoblosan di salah satu daerah kategori 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) di Sumbar tidak terlaksana sesuai jadwal yang ditentukan.

"Jika kapal tersebut bermuatan 12 kotak, berarti logistik ini untuk kebutuhan 12 TPS di PPK Pagai Selatan," jelas Surya Efitrimen.

Surya Efitrimen juga memastikan bahwa tim Basarnas telah menuju lokasi hilangnya kontak kapal pembawa logistik PSU DPD RI sejak Sabtu pagi. "Sampai sekarang, kita masih menunggu laporan hasil pencarian dari tim Basarnas," ungkapnya.

KPU Sumbar mengirimkan 367 kotak suara PSU DPD RI Dapil Sumatera Barat ke KPU Kepulauan Mentawai. Pengiriman dilakukan dari Padang ke KPU Mentawai menggunakan kapal pada tanggal 10 Juli 2024.

Logistik PSU tersebut kemudian didistribusikan ke 367 TPS di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di Sumatera Barat, jumlah pemilih untuk PSU ini sama dengan Pemilu 2024 lalu, yaitu 4.088.606 orang, yang tersebar di 17.569 TPS di 19 kabupaten/kota. (r)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini