Dompet Dhuafa Raih Dua Penghargaan Zakat Award 2024

×

Dompet Dhuafa Raih Dua Penghargaan Zakat Award 2024

Bagikan berita
Dompet Dhuafa Raih Dua Penghargaan Zakat Award 2024
Dompet Dhuafa Raih Dua Penghargaan Zakat Award 2024

PADANG - Dompet Dhuafa meraih dua penghargaan sekaligus yaitu kategori Program Unggulan Desa Kopi Solok Sirukam dan Respon Darurat Kesehatan (RDK) dengan predikat “Gold”dalam Zakat Award 2024 yang diselenggarakan oleh Forum Zakat.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Waryono Abdul Ghofur selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia kepada Udhi Tri Kurniawan, Deputi Direktur 1 Program Pemberdayaan Dompet Dhuafa, di Ballroom The ZHM Premiere Hotel Padang, Sumbar, Rabu (17/7).

Udhi mengatakan apresiasi atau penghargaan ini tentu menjadi satu dukungan moral bagi seluruh insan di Dompet Dhuafa, agar terus menumbuhkan program yang betul-betul menjawab kebutuhan masyarakat.

“Penghargaan ini menjadi tanggung jawab bagi kami untuk terus menumbuhkan program-program yang berdampak kuat bagi masyarakat. Kemudian juga menjadi bagian dari ikhtiar kami sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada para donatur,” tutur Udhi.

Selanjutnya Udhi menjelaskan program-program yang diunggulkan di dalam Zakat Award 2024 itu adalah program-program sudah dikomitmenkan oleh Dompet Dhuafa kepada para donatur. Bahwa program tersebut betul-betul berdampak kuat bagi masyarakat.

“Penyaluran dana zakat dari donatur yang diberikan melalui Dompet Dhuafa, lalu kemudian Dompet Dhuafa menyalurkan kepada masyarakat itu harus dilakukan dalam konsep program yang terbaik,” ujar Udhi.

Seperti halnya Program Ekonomi Zakat Produktif Desa Kopi, Solok Sirukam. Desa Kopi Solok Sirukam adalah program pemberdayaan masyarakat berbasis komoditas unggulan yaitu Kopi Solok, yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis komoditas lokal unggulan.

“Kita berikhtiar untuk meningkatkan kesejahteraan melalui penguatan produk-produk lokal. Dalam hal ini kita melakukan pendampingan, capacity building, termasuk pengembangan pasar, dan penumbuhan kelembagaan lokal untuk petani-petani kopi di Solok Sirukam,” ujarnya.

Lalu program Respon Darurat Kesehatan (RDK), ini merupakan program Dompet Dhuafa yang berupaya untuk memberikan respon secara cepat bagi masyarakat dibidang kesehatan.

“Kasus-kasus kesehatan di masyarakat yang membutuhkan kecepatan respon kita, untuk memastikan keselamatan nyawa. Karena itu melalui respon darurat kesehatan ini, Dompet Dhuafa berupaya hadir secepat mungkin di masyarakat terutama yang membutuhkan kecepatan dukungan layanan kesehatan,” tuturnya.

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini