Mulai 1 Agustus Tarif Retribusi Sampah di Padang Naik!

×

Mulai 1 Agustus Tarif Retribusi Sampah di Padang Naik!

Bagikan berita
antara
antara

Padang -Pemko Padang mengeluarkan tarif baru retribusi sampah yang bakal diterapkan pada 1 Agustus 2024 mendatang.Tarif baru tersebut menyesuaikan kondisi terkini sesuai Perda 1 Tahun 2024.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan FM kepada Singgalang baru - baru ini.

Disebutkannya, sosialisasi sudah dilaksanakan pada kelurahan, LPM dan kecamatan di Kota Padang.

"Pemerintah Kota Padang telah menetapkan penyesuaian tarif pembayaran retribusi sampah. Penyesuaian tarif tersebut disosialisasikan kepada 11 kecamatan di Kota Padang pada tanggal 11,12, 17, 18, dan 19 Juli 2024," kata Fadelan.

Lebih jauh disebutkannya, tarif retribusi sampah merupakan bentuk pelayanan DLH untuk mengoptimalkan pengangkutan sampah, terutama dari Tempat Penampungan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Penyesuaian tarif juga sebagai bentuk langkah dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Tarif retribusi sampah merupakan pembayaran atas jasa pengangkutan sampah dari TPS hingga ke TPA.

"Nantinya ada pengolahan terhadap sampah, sampah yang di TPA dikelola menjadi energi serta bernilai ekonomis. Itu artinya akan ada pemilahan sampah," ungkap Fadelan FM.

Fadelan berharap partisipasi masyarakat terhadap retribusi sampah ini bisa menjadikan manajemen pengelolaan sampah lebih baik. Pemungutan retribusi sampah tidak mengalami kenaikan signifikan dan dialokasikan untuk optimalisasi pelayanan kebersihan.

Tarif baru retribusi sampah berdasarkan Perda 1 Tahun 2024 mulai berlaku 1 Agustus 2024, dengan rincian;Rumah Tangga Kelas Miskin: Rp. 19.550,Rumah Tangga Kelas Bawah: Rp. 24.437,Rumah Tangga Kelas Menengah: Rp. 34.212, Rumah Tangga Kelas Atas: Rp. 55.904.

Pemungutan retribusi dilakukan melalui kerjasama dengan PDAM dan kolektor retribusi sampah.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini