Respons Pemimpin Dunia Usai Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

×

Respons Pemimpin Dunia Usai Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

Bagikan berita
Presiden AS Joe Biden. (Foto: detik.com)
Presiden AS Joe Biden. (Foto: detik.com)

SINGGALANG - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Minggu, 21 Juli 2024 mengumumkan pengunduran diri dari pencalonan Presiden Amerika Serikat 2024.

Keputusan Biden tersebut terbilang mengagetkan mengingat belakangan ini ia terus bersikeras akan maju dalam Pilpres Amerika Serikat 2024.

Pengunduran diri calon Presiden dari Partai Demokrat dimenit-menit akhir belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Pemilihan Umum (Pemilu) modern di Amerika Serikat.

Dan menjadi sebuah langkah yang beresiko tinggi

Lalu bagaimana reaksi para pemimpin dunia terkait keputusan Biden itu?

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer menuliskan di media sosial X bahwa ia menghormati keputusan Biden dan berharap dapat sama-sama disisa masa jabatannya.

Sementara itu, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez juga mengungkapkan kekaguman dan pengakuannya atas keputusan berani dan bermartabat yang dibuat oleh Biden.

"Berkat tekad dan kepemimpinan Biden Amerika Serikat berhasil mengatasi krisis ekonomi setelah pandemi dan serangan serius," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Senin, 22 Juli 2024.

Senada dengan Sanchez dan Starmer, Kanselir Jerman Olaf Scholz juga memuji Biden yang telah mencapai banyak hal untuk negaranya untuk Eropa, dan untuk dunia.

"Berkat Biden kerjasama trans atlantik semakin erat, NATO semakin kuat, dan Amerika Serikat menjadi Mitra yang baik, dan dapat diandalkan bagi Jerman," katanya.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini