Penampakan Taksi Terbang Hyundai yang akan Beroperasi di IKN

×

Penampakan Taksi Terbang Hyundai yang akan Beroperasi di IKN

Bagikan berita
Ilustrasi Taksi terbang. (Foto: detik.com)
Ilustrasi Taksi terbang. (Foto: detik.com)

SINGGALANG - Taksi terbang atau Sky Taxy di gadang-gadang bakal menjadi kendaraan mobilitas perkotaan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kabarnya Sky Taxy akan segera diuji coba pada 29 Juli 2024 mendatang di wilayah udara bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur.

Taksi terbang pabrikan Hyundai Motors Company dan Aerospace Research Institute ini memang sudah tiba di Samarinda pada Kamis 9 Mei lalu.

Sky Taxy dengan nomor lambung HL016X ini merupakan Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA) dengan nama Optionally Piloted Personal Air Vehicle (OPPAV).

Teknologi moda transportasi udara ini akan menjadi bagian dari pengembangan sistem transportasi cerdas di IKN.

Debuti Bidang Transportasi Hijau dan Digital OIKN, Mohammed Ali Berawi menjelaskan, taksi terbang futuristik tersebut memiliki spesifikasi khusus yang tentunya dibekali teknologi canggih terkini bahkan kecepatannya dapat mencapai 200 km/jam dengan daya angkut muat 100 kg.

"Terbang pada ketinggian 50 hingga 80 meter," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Senin, 22 Juli 2024.

Ali menambahkan, moda udara ini dirancang untuk meningkatkan mobilitas perkotaan melalui solusi transportasi.udara yang inovatif. Nantinya uji coba dilakukan tanpa awak dan barang.

"Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi persyaratan penting dan kecocokan ekosistem dalam realisasi mobilitas udara sebagai jalur middle mile yang terintegrasi dengan mobilitas darat first or last," katanya. (*)

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini