Siap-siap Pemerintah Akan Hapus Utang Pinjol pada Akhir Tahun Ini, Benarkah?

×

Siap-siap Pemerintah Akan Hapus Utang Pinjol pada Akhir Tahun Ini, Benarkah?

Bagikan berita
Ilustrasi pelunasan utang pinjol, (Foto YouTube Solusi Keuangan)
Ilustrasi pelunasan utang pinjol, (Foto YouTube Solusi Keuangan)

"Semua itu tergantung dari kelakuan nasabah selama ini, dan penilaian pinjol terhadap profil keuangan kalian itu bagaimana," katanya.

Narator menambahakan, jika nasabah masih kerja, dan punya penghasilan biasanya akan tidak akan terlalu menjadi prioritas pelunasan utang pinjol.

"Tapi buat orang-orang yang tidak bekerja lagi karena di PHK itu biasanya seperti inilah yang akan diprioritaskan untuk dilunaskan terutama bagi orang-orang yang sudah meninggal," katanya.

Narator menjelaskan, jika orang yang punya utang pinjaman online sudah meninggal dunia, atau sedang sakit keras biasanya itu akan diutamakan karena mereka mengalami kesulitan untuk mengembalikan uangnya.

"Biasanya itulah yang didahulukan. Tujuannya agar data pinjol tetap rapi dari nasabah gagal bayar," katanya.

Intinya, kata narator, pihak pinjol ini tidak ingin terlihat banyak nasabah yang mengalami gagal bayar di perusahaan mereka. Alhasil dilakukan pemutihan dengan melunasi utang tersebut.

"Biar galbay enggak banyak-banyaklah jadi beberapa ada yang dilunaskan. Mereka (pinjol) tidak akan rugi karena sudah dicover asuransi," katanya.

Berdasarkan data akhir tahun 2023, OJK merilis bahwa pinjol mendapat untung Rp4,43 triliun.

"Jadi ya kan yang galbay bukan kita sendiri bahakan di luar sana banyak yang ngasih profit gede ke pinjol itu," katanya.

Maka dari itu, narator mengingatkan, saat Anda gagal bayar belum tentu pinjol tersebut mengalami kerugian. Sedangkan, nasabah yang membayar pinjaman online jumlahnya lebih banyak dibandingkan galbay.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Solusi Keuangan
Bagikan

Berita Terkait
Terkini