Rangkaian 4 Tahun AKHLAK BUMN, PT Semen Padang Gelar A Million Acts of Green Kaliandra Planting Program

×

Rangkaian 4 Tahun AKHLAK BUMN, PT Semen Padang Gelar A Million Acts of Green Kaliandra Planting Program

Bagikan berita
Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri menyampaikan, bahwa AKHLAK telah menjadi core values BUMN selama 4 tahun ini sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. Ist
Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri menyampaikan, bahwa AKHLAK telah menjadi core values BUMN selama 4 tahun ini sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. Ist

PADANG - Peringati 4 tahun core values AKHLAK, manajemen dan ratusan karyawan PT Semen Padang menggelar kegiatan bertajuk "A Million Acts of Green Kaliandra Planting Program" di Area Taman Kehati PT Semen Padang, Jumat (26/7/2024).

Kegiatan yang dimulai dengan senam pagi tersebut dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, GM Human Capital Policy & Strategy SIG Vitria Daniati dan Kepala Departemen Sumber Daya Manusia PT Semen Padang Juke Ismara dan Staf lainnya.

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri menyampaikan, bahwa AKHLAK telah menjadi core values BUMN selama 4 tahun ini sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020.

Menurutnya, sesuai dengan AKHLAK Culture Journey dari Kementerian BUMN, bahwa implementasi AKHLAK secara umum pada tahun keempat adalah pada tahap penerimaan (acceptance).

"Dimana kita sebagai karyawan diharapkan telah memiliki tingkat pemahaman akan nilai-nilai AKHLAK (knowing), menerima nilai-nilai tersebut dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari (receiving), serta dapat memberikan contoh penerapan nilai tersebut sekaligus mengajak orang lain untuk menerapkannya (influencing)," katanya.

Ia menyebutkan, dalam rangka memperingati 4 tahun AKHLAK, Human Capital (HC) SIG menginisiasi program yang mendukung core values AKHLAK Harmonis dan Adaptif dengan mengajak insan SIG berpartisipasi dalam melakukan aksi peduli lingkungan berupa partisipasi penanaman Kaliandra.

Diketahui, tumbuhan dengan nama latin Caliandra Calothyrsus itu ditanam PT Semen Padang dalam rangka mencari sumber energi baru terbarukan yang dapat mensubtitusi penggunaan batu bara, sebagai energi biomassa yang kualitasnya hampir setara dengan batu bara. Pohon kaliandra ini memiliki kalori sampai dengan 4.200 kilokalori (kkal).

Selain kayunya sebagai sumber energi baru terbarukan, kaliandra merah juga memiliki fungsi atau manfaat lain diantaranya daun kaliandra sebagai pakan ternak karena mengandung protein yang tinggi.

Kemudian, akar kaliandra merah berfungsi sebagai penahan erosi terutama di daerah-daerah kritis. Selanjutnya, bunga tanaman itu bermanfaat sebagai makanan lebah madu galo-galo. Terakhir ranting kaliandra merah dapat dikembangkan sebagai wood pellet dan berpotensi sebagai produk ekspor.

"PT Semen Padang merasa bangga terpilih menjadi tempat diselenggarakannya acara ini, karena pada Bulan Juli ini juga bertepatan untuk merayakan HUT ke-66 Pengambilalihan Pabrik dari Belanda dan sekaligus pelaksanaan ajang olahraga dan seni Sportalympic yang menjunjung semangat AKHLAK," lanjutnya.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini