Hentikan Bayar Pinjol Indodana 2024, Solusi Terakhir Hanyalah dari Hal Ini

×

Hentikan Bayar Pinjol Indodana 2024, Solusi Terakhir Hanyalah dari Hal Ini

Bagikan berita
Ilustrasi hentikan bayar pinjol. (Foto YouTube Kocheng Hoki)
Ilustrasi hentikan bayar pinjol. (Foto YouTube Kocheng Hoki)

1. Bunga dan denda

Disadur dari website hukumonline.com, jika Anda belum bisa melunasi utang pinjol biasanya akan dikenakan denda atau bunga menjadi semakin besar.

Meskipun dalam pinjol legal dilarang mengenakan predatory lending atau praktik pemberian pinjaman dengan syarat, ketentuan, bunga, dan/atau biaya-biaya yang tidak wajar bagi penerima pinjaman.

Namun, pinjol legal biasanya tetap menentukan bunga dan/atau denda atas keterlambatan pembayaran yang dihitung per hari.

Berdasarkan SE OJK 19/2023 terdapat ketentuan batas maksimum manfaat ekonomi yang diterapkan oleh penyelenggara pinjol yaitu berupa imbal hasil, termasuk bunga/margin/bagi hasil, biaya administrasi/komisi/ujrah/fee platform, dan biaya lainnya selain denda keterlambatan, bea meterai, serta pajak.

Untuk pendanaan produktif, per 1 Januari 2024 batas maksimal manfaat ekonomi seperti bunga pinjol adalah sebesar 0.1% per hari dari nilai pendanaan yang tercantum dalam perjanjian.

Adapun, per 1 Januari 2026, menjadi 0,067% per hari dari nilai pendanaan.

Berbeda dengan pendanaan produktif, terhadap pendanaan konsumtif yang dibatasi untuk tenor jangka pendek (kurang dari 1 tahun), batas maksimal bunga pinjol dan manfaat ekonomi lainnya per 1 Januari 2024 adalah 0,3% per hari dari nilai pendanaan.

Adapun per 1 Januari 2025 menjadi sebesar 0.2% per hari, dan per 1 Januari 2026 menjadi sebesar 0.1% per hari.

2. Ditagih Debt Collector

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kocheng Hoki
Bagikan

Berita Terkait
Terkini