PT Semen Padang Raih Tiga Penghargaan ENSIA 2024

×

PT Semen Padang Raih Tiga Penghargaan ENSIA 2024

Bagikan berita
Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra penghargaan pada ajang Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 di Bali, Rabu (31/7/2024). PT Semen Padang meraih 3 penghargaan pada puncak acara ENSIA 2024 tersebut.Ist
Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra penghargaan pada ajang Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 di Bali, Rabu (31/7/2024). PT Semen Padang meraih 3 penghargaan pada puncak acara ENSIA 2024 tersebut.Ist

Pada ENSIA 2024, predikat Gold diraih PT Semen Padang untuk kategori lingkungan melalui inovasi yang dilakukan berupa Penurunan Limbah B3 dimana PT Semen Padang berhasil menurunkan limbah B3 melalui substitusi larutan amonium nitrat dengan aquadest di Laboratorium Kimia Produk Unit Quality Assurance. Inovasi ini tidak hanya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional.

Predikat Gold juga diraih PT Semen Padang melalui Inovasi Sosial dengan judul program Pemberdayaan Usaha Tenun Songket Silungkang. Melalui program ini PT Semen Padang berupaya melestarikan tenun khas Minangkabau. Program ini tidak hanya menjaga warisan budaya tetapi juga memberdayakan masyarakat lokal dengan memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik.

Kemudian predikat Silver diraih PT Semen Padang pada Kategori Lingkungan melalui program Efisiensi Energi. Penghargaan ini diberikan untuk penurunan pemakaian faktor klinker di produksi Semen Type Ezpro PCC. Inisiatif ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon, sejalan dengan upaya global untuk mengatasi perubahan iklim.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong pada acara puncak ENSIA 2024, mengapresiasi PT Sucofindo, serta para pelaku usaha yang telah menerapkan efisiensi terhadap pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dengan sosial.

Hal ini, kata Alue Dohong, sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan atas perubahan iklim, penanganan lingkungan hidup. "Kami berharap kedepannya para pelaku usaha yang menerima penghargaan dapat memberikan dan menciptakan inovasi secara berkelanjutan,” katanya.

Alue Dohong menambahkan bahwa dengan komitmen pelaku usaha dalam mengelola keseimbangan lingkungan, ekonomi dan sosial, tentunya sejalan dengan instrumen PROPER. “Bagaimana perusahaan mengelola, tak hanya aspek benefit, tetapi aspek terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut PT Sucofindo Jobi Triananda mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pelaku usaha yang telah berpartisipasi dalam ajang ENSIA 2024. Karena, inovasi-inovasi yang telah dihasilkan, baik sosial dan inovasi lingkungan, merupakan bukti nyata para pelaku usaha dalam berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Ajang ENSIA tahun ini diikuti 756 paper, dan ajang ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada para inovator lingkungan dan sosial dalam menerapkan upaya emisi karbon, pemberdayaan masyarakat dan mendukung proper sebagai kebijakan pemerintah. Dan, inovasi ini tidak hanya memberikan manfaat kepada perusahaan, tapi memberikan dampak positif yang luas untuk masyarakat dan lingkungan.104

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini