DPP PAN Usung Andri Warman - Martias Wanto untuk Pilkada Agam

×

DPP PAN Usung Andri Warman - Martias Wanto untuk Pilkada Agam

Bagikan berita
DPP PAN Usung Andri Warman - Martias Wanto untuk Pilkada Agam
DPP PAN Usung Andri Warman - Martias Wanto untuk Pilkada Agam

AGAM - Sudah dipastikan, untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Agam tahun 2024, Andri Warman berpasangan dengan Martias Wanto. Saat ini, Andri Warman adalah Bupati Agam.

Kepastian tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/340/VII/2024, tertanggal 22 Juli 2024, yang ditandatangani oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, tentang persetujuan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Agam periode 2024-2029. Keputusan tersebut ditandatangani Zulkifli Hasan di atas kertas bermaterai 1000.

Dengan diterbitkannya surat keputusan ini oleh DPP PAN, sudah ada dua pasangan calon Bupati Agam yang akan bersaing pada Pilkada Kabupaten Agam periode 2024-2029 mendatang. Sebelum DPP PAN menerbitkan keputusan ini, ada dugaan bahwa pasangan Benny Warlis-M. Iqbal bakal melawan kotak kosong. Namun, dengan terbitnya keputusan pasangan Andri Warman-Martias Wanto oleh DPP PAN, sudah ada dua pasangan calon Bupati Agam yang akan bersaing.

Tokoh muda Lubuk Basung, Firdaus Lukman, menilai pasangan Andri Warman-Martias Wanto sangat cocok. Menurut Firdaus Lukman, ketika Andri Warman mengawali tugasnya sebagai Bupati Agam periode 2021-2024, Martias Wanto pernah menjadi Sekda Agam dengan Andri Warman selama beberapa bulan. Kemudian, Martias Wanto diangkat menjadi Sekda Kota Bukittinggi oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, dan Andri Warman mengangkat Edi Busti sebagai Sekda Agam.

Antara Andri Warman dan Martias Wanto sudah saling mengenal sepak terjang dalam kepemimpinan, karena Martias Wanto, yang juga adalah ninik-mamak di Kabupaten Agam, pernah menjadi atasan dan bawahan. Martias Wanto, yang sekarang sudah bergelar Doktor, adalah Sekda Kabupaten Agam semasa Bupati Indra Catri, hingga beberapa bulan setelah itu sebagai Sekda Kabupaten Agam. “Ah!, sangat cocok lah,” tutur Firdaus Lukman pada Kamis subuh (1/8/2024).

Dulu, sebelum ada kepastian Andri Warman berpasangan dengan Martias Wanto, ada isu beredar bahwa Andri Warman akan berpasangan dengan Edi Busti. Namun, dengan terbitnya keputusan DPP PAN ini, sudah dipastikan bahwa Andri Warman akan berpasangan dengan Martias Wanto.

Firdaus Lukman juga menambahkan bahwa masih ada satu pasangan calon (Paslon) Bupati Agam yang ditunggu-tunggu, yaitu Guspardi Gaus. “Apa jadi apa tidak, inilah yang akan kita tunggu-tunggu, sebab waktu masih panjang,” tutur Firdaus Lukman. (lk)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini