Remaja Masjid Tertarik Izin Tambang, Tapi Mau Lihat NU dan Muhammadiyah Dulu

×

Remaja Masjid Tertarik Izin Tambang, Tapi Mau Lihat NU dan Muhammadiyah Dulu

Bagikan berita
Organisasi Remaja Masjid mengisyaratkan ketertarikannya terhadap konsesi tambang untuk ormas keagamaan. (Foto: detikcom)
Organisasi Remaja Masjid mengisyaratkan ketertarikannya terhadap konsesi tambang untuk ormas keagamaan. (Foto: detikcom)

SINGGALANG - Organisasi Remaja Masjid mengisyaratkan ketertarikannya terhadap konsesi tambang untuk ormas keagamaan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Said Aldi Al Idrus usai dirinya bersama sejumlah jajaran menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 31 Juli 2024.

Meski memberikan sinyal ketertarikan terhadap konsesi tambang, organisasi remaja masjid ingin melihat dulu dua ormas Islam yang telah menyatakan menerima tawaran konsesi tambang. Yakni PBNU, dan Muhammadiyah.

Said pun tak menanggapi ketika ditanya soal ada tidaknya tawaran dari Jokowi agar BKPRMI mengelola tambang.

"Iya kami memberikan dulu abang tertua NU, dan Muhammadiyah. Kami adik-adik ini melihat dulu barangnya kalau paten nanti baru kami," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Kamis, 1 Agustus 2024.

Diketahui, BKPRMI datang ke Istana dalam rangka menyampaikan undangan kepada Jokowi untuk menghadiri Musyawarah Nasional PKPRMI yang akan digelar pada 7-10 Agustus 2024 di Medan, Sumatera Utara.

Adapun aturan yang membolehkan ormas mendapatkan izin tambang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang perubahan atas PP Nomor 96 Tahun 2021 tentang pelaksanaan kegiatan usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Jokowi juga sudah menaikkan Peraturan Presiden Nomor 76 tahun 2024 tentang perubahan atas Perpres Nomor 70 tahun 2023 tentang pengalokasian lahan bagi penataan investasi yang memuat aturan teknis pelaksanaan izin tambang untuk ormas keagamaan. (*)

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini