Dukung Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan, PT Semen Padang Salurkan Dana Forum Nagari Rp3 Miliar

×

Dukung Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan, PT Semen Padang Salurkan Dana Forum Nagari Rp3 Miliar

Bagikan berita
Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, simbolis menyerahkan dana forum nagari saat Launching Program Forum Nagari tahun 2024 di Wisma Indarung PT Semen Padang, Jumat (1/8/2024).Ist
Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, simbolis menyerahkan dana forum nagari saat Launching Program Forum Nagari tahun 2024 di Wisma Indarung PT Semen Padang, Jumat (1/8/2024).Ist

Pada kesempatan itu, Oktoweri berharap agar masyarakat dan pemerintah daerah terus memberikan dukungan kepada PT Semen Padang untuk dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga PT Semen Padang bisa berkontribusi lebih banyak lagi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Jadi, kami dari manajemen PT Semen Padang berharap kepada masyarakat dan pemerintah untuk terus memberikan dukungan dan doanya untuk kemajuan PT Semen Padang di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini," ujarnya.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Ilham Akbar menambahkan bahwa dana yang disalurkan kepada Forum Nagari ini meningkat dibadingkan tahun 2023 yang berjumlah sekitar Rp2,9 miliar, termasuk program yang disusun untuk tahun 2024 ini juga meningkat dari 123 menjadi 126 program.

"Kami berharap pengurus Forum Nagari dapat merealisasikan program yang telah disusun ini dengan baik sesuai dengan ekspektasi kami dan masyarakat. Apalagi, jumlah penerima manfaat dari 126 program ini mencapai 5.994 orang," kata Ilham.

Dia pun juga mengapresiasi seluruh pengurus Forum Nagari yang telah sukses merealisasikan program 2023. Karena, hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dilakukan, diketahui nilainya meningkat. "Tahun 2022 nilainya 79,64, dan di 2023 naik menjadi 83,94," ujarnya.

"Untuk itu, kepada pemerintah daerah, kami berharap agar semua kegiatan program Forum Nagari ini dapat secara bersama-sama diawasi sehingga semua yang direncanakan dapat berhasil sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan," sambungnya.

Pj Walikota Padang Andree Harmadi Algamar mengapresiasi PT Semen Padang yang telah membentuk program Forum Nagari di tiga kecamatan di Kota Padang. Karena, Forum Nagari ini dapat meningkatkan pembangunan dalam aspek sosial, ekonomi dan juga lingkungan.

"Kami apresiasi manajemen PT Semen Padang yang terus memberikan dukungan kepada Forum Nagari. Apalagi, dukungan tersebut secara terus menerus disalurkan sejak Forum Nagari ini didirikan oleh PT Semen Padang ada tahun 2015 lalu. Artinya, sudah 9 tahun berjalan PT Semen Padang terus berkomimen pelaksanaan program yang diusulkan Forum Nagari," katanya.

Mantan Camat Lubuk Kilangan ini juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah mendirikan 14 Forum Nagari yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Padang. Karena, forum ini didirikan tidak hanya sebagai perpanjangan tangan PT Semen Padang dalam menjalankan program TJSL, tapi juga untuk mendayagunakan dan menumbuh kembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

"Nah, dalam mendayagunakan dan menumbuh kembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat, ini juga dimulai dari perencanaan program, kegiatan program, hingga evaluasi program. Artinya, partisipasi dari bawah ke atas (bottom up), juga peran PT Semen Padang sebagai fasilitator dan menyediakan kebutuhan materil agar program tersebut berjalan dengan semestinya. Ini luar biasa sekali," ujarnya.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini