Istana Garuda IKN Dicap Mirip Kelelawar, Begini Jawaban Santai Menteri PUPR

×

Istana Garuda IKN Dicap Mirip Kelelawar, Begini Jawaban Santai Menteri PUPR

Bagikan berita
Istana Garuda di IKN. (Foto: Kompas/com)
Istana Garuda di IKN. (Foto: Kompas/com)

SINGGALANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akhirnya buka suara soal cibiran untuk Istana Garuda.

Hal ini berkaitan dengan adanya cibiran warganet yang menyebut bahwa penampakan Istana Garuda justru seperti Istana Kelelawar. Basuki pun menjelaskan bahwa Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mengalami perubahan warna ke depannya. Ini terjadi secara alami melalui proses oksidasi yang membuat pilah-pilah perunggu berubah warna menjadi hijau cerah.

"Proses oksidasi pada perunggu itu dialami juga oleh patung Garuda Wisnu Kencana, atau GWK di Bali," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Jumat, 9 Agustus 2024.

Basuki yang juga merupakan Plt Kepala Otorita IKN ini mengakui, proses oksidasi bilah-bilah perunggu itu membutuhkan waktu. Namun ia tak mengungkapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

"Kalau nanti kena oksidasi itu jadi hijau seperti GWK itu kan perunggu yang dikasih cairan. Nanti dia akan kena oksidasi menjadi lebih hijau persis kayak GWK," katanya.

Basuki yang merupakan Plt Kepala Otorita IKN ini mengakui, proses oksidasi bilah-bilah perunggu itu membutuhkan waktu. Namun ia tak mengungkapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan. (*)

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini