PT Semen Padang Restocking 3.000 Ekor Ikan Bilih Hasil Pemijahan ke Danau Singkarak

×

PT Semen Padang Restocking 3.000 Ekor Ikan Bilih Hasil Pemijahan ke Danau Singkarak

Bagikan berita
Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Indrieffouny Indra melepas ribuan ikan bilih di tepian Masjid Al-Furqan, Sabtu (10/8).ist
Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Indrieffouny Indra melepas ribuan ikan bilih di tepian Masjid Al-Furqan, Sabtu (10/8).ist

PADANG - Sebanyak 3000 ekor ikan bilih hasil pemijahan yang dilakukan oleh PT Semen Padang, direstocking (tindakan melepas ikan) ke habitat aslinya di Danau Singkarak, yaitu di tepian Masjid Al-Furqan, Jorong Batu Baragung, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Sabtu (10/8).

Sebelumnya, sebanyak 13.000 ikan bilih hasil pemijahan yang dilakukan oleh perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, juga telah direstocking di lokasi yang sama. Bahkan selain merestocking, PT Semen Padang juga membangun reservate atau suaka untuk ikan bilih yang lokasinya juga berada di Jorong Batu Baragung, Nagari Sumpur.

"Jadi, sampai hari ini sudah 16.000 ikan bilih hasil pemijahan yang dilakukan PT Semen Padang, telah disebar di habitat aslinya di Danau Singkarak. Ikan hasil pemijahan ini merupakan buah dari kerja sama PT Semen Padang dengan Universitas Bung Hatta (UBH)," kata Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Indrieffouny Indra usai melepas ribuan ikan bilih di tepian Masjid Al-Furqan.

Selain Dirut Indrieffouny, pelepasan ribuan ikan bilih itu juga dihadiri dua orang Direksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, yaitu Direktur Supply Chain Yosviandri, Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio Andriano Hosny Panangian dan Corporate Secretary PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Vita Mahreyni. Kemudian dari PT Semen Padang, juga hadir Direktur Keuangan & Umum Oktoweri, serta sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang.

Diantaranya, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Iskandar Z Lubis, Kepala Departemen Tambang & Pengelolaahan Bahan Baku Dedi M Sidiq, Kepala Unit CSR Ilham Akbar, dan Kepala Unit Sarana Umum Deni Zein. Kemudian, juga hadir guru besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH Prof Hafrijal Syandri didampingi Dr Azrita S.Pi, MSi, selaku dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH.

Lebih lanjut Indrieffouny menyampaikan bahwa ikan bilih hasil pemijahan ini merupakan bagian dari upaya konservasi ikan bilih yang telah dilakukan oleh PT Semen Padang sejak tahun 2018. Dan, konservasi ikan endemik di Danau Singkarak itu sebelumnya dirintis oleh Direktur Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Yosviandri, yang ketika itu menjabat sebagai Dirut PT Semen Padang.

"Alhamdulillah, hari ini Pak Yosviandri hadir di Nagari Sumpur untuk ikut serta melepas ikan bilih hasil pemijahan yang dilakukan PT Semen Padang di habitat aslinya di Danau Dingkarak. Bahkan, ikan bilih hasil konservasi ini telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat salingka Danau Singkarak, khususnya di Nagari Sumpur," ujarnya.

Bagi PT Semen Padang, sebutnya, kegiatan konservasi hingga merestocking ikan bilih ini merupakan bagian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dalam upaya menyelamatkan ikan bilih yang terancam punah akibat eksploitasi secara besar-besaran oleh oknum nelayan salingka Danau Singkarak, tanpa mengindahkan proses siklus hidupnya. Bahkan, upaya dari konservasi ini diapresiasi oleh banyak pihak.

Di antaranya, mendapat penghargaan Gold Award pada Indonesian SDG's Award 2022, Penghargaan Padmamitra Award 2022 untuk kategori Pelestarian Lingkungan dan Biodiversity, serta mendapat penghargaan Subroto untuk kategori Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Terinovatif Komoditas Mineral Bukan Logam tahun 2023.

"Tidak hanya itu, bahkan konservasi ikan bilih ini juga menjadi salah satu yang dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk PROPER Emas. Alhamdulillah, PT Semen Padang berhasil mendapatkan PROPER Emas di tahun 2023. PROPER Emas ini didapatkan, karena dari kegiatan merestocking ini, berdampak kepada peningkatkan hasil tangkapan nelayan Nagari Sumpur," ujarnya.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini